Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL PEKANBARU
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Tingkatkan Literasi Laut di Wilayah Perbatasan, LKKPN Pekanbaru Ajak Siswa di SDN 001 Tarempa Lindungi Laut Indonesia

Tarempa (02/10), Melalui jargon "Yuk Lindungi Laut Kita, Laut Indonesia", LKKPN Pekanbaru Wilker TWP Kepulauan Anambas menyelenggarakan kegiatan Konservasi Goes to School (GTS) dan Kampanye Pengurangan Sampah Laut bagi siswa kelas 5 dan 6 di SDN 001 Tarempa. Kegiatan Konservasi GTS bertujuan untuk meningkatkan kepekaan para generasi muda terkait ancaman sampah plastik bagi kehidupan yang ada di laut, dan bagaimana dampaknya bagi masyarakat secara luas. Dalam kegiatan ini pula, para siswa diperkaya wawasannya terkait sumberdaya dan ekosistem yang ada di laut, serta peran ekosistem pesisir dan laut tersebut dalam satu kesatuan kehidupan yang harus bersama-sama dijaga keberlanjutannya.

 

 

Pada pembukaan acara, Kepala Sekolah menyampaikan SDN 001 Tarempa pernah membuat ecobrick dan eco-enzyme sebagai upaya menanggulangi sampah plastik dan organik, disamping itu sekolah ini merupakan Sekolah Maritim yang ada di Kepulauan Anambas. Kegiatan menarik ini semakin disambut dengan antusiasme yang tinggi oleh siswa saat menonton video konservasi bersama dilanjutkan dengan acara kuis seru terkait konservasi. Melalui kuis tersebut, para siswa akhirnya memiliki pemahaman yang tepat mengenai apa saja yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam rangka menjaga keindahan dan kebermanfaatan laut yang ada di Indonesia, khususnya Anambas.

 

 

Sebagai wujud dari komitmen sebagai agen konservasi, siswa-siswi SDN 001 Tarempa menyerukan "Janji Siswa Konservasi" yang berisi janji para siswa untuk tidak membuang sampah di laut, melindungi terumbu karang, mangrove, dan lamun, tidak mengonsumsi telur penyu, serta untuk selalu menyayangi biota laut. Di akhir acara, LKKPN Pekanbaru juga membagikan reusable bag, kacamata renang, dan topi "Saya Pejuang Konservasi" bagi para siswa konservasi sebagai alat untuk terus menjaga dan mencintai keindahan laut Anambas.

Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru   02 Oktober 2021   Dilihat : 111



Artikel Terkait: