Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL PEKANBARU
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Kelola Kawasan Konservasi, LKKPN Pekanbaru Lakukan Monitoring Coral Reef Garden

(Tarempa, 9/9) Mewujudkan kawasan konservasi berkelanjutan dan bermanfaat bukanlah hal yang mudah. Diperlukan pengelolaan jangka panjang dan kegiatan-kegiatan yang menunjang untuk perbaikan dan peningkatan kondisi ekosistem di dalam kawasan. Oleh karena itu, LKKPN Pekanbaru melalui Wilker TWP Anambas melakukan monitoring Coral Reef Garden pada hari Kamis, 9 September 2021 di Pulau Temawan, Desa Batu Belah, Kabupaten Kepulauan Anambas. Coral Reef Garden merupakan suatu kegiatan yang diinisiasi oleh LKKPN Pekanbaru di TWP Kepulauan Anambas yang bertujuan untuk menambah daya tarik wisata bahari di Kepulauan Anambas sekaligus pengayaan ekosistem di dalam kawasan.

 

 

Monitoring dilakukan sebagai upaya perawatan dan pengecekan fragmen-fragmen terumbu karang yang ditanam satu bulan yang lalu. Tim Wilker TWP Anambas bersama anggota Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) Pavona Dive melakukan serangkaian kegiatan seperti membersihkan terumbu karang dan media dari alga, melakukan pengukuran seperti tinggi dan diameter, serta melakukan pengecekan kondisi untuk mengetahui kondisi fragmen yang ditanam. Karang yang mengalami bleaching kemudian dipisahkan dari karang yang masih dalam kondisi bagus untuk kemudian diganti dengan bibit baru yang lebih sehat dari jenis yang sama. Selain melakukan monitoring, juga dilakukan pemasangan logo Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di media Coral Reef Garden.

 

  

 

Hasil dari kegiatan monitoring kali ini adalah masih ditemukannya beberapa fragmen karang yang mati. Meskipun demikian, banyak terdapat fragmen yang berhasil beradaptasi dan tetap hidup. Kegiatan monitoring sangat perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi fragmen yang ditanam sehingga dapat dilakukan pengelolaan ke depannya.

 

 

Kegiatan monitoring ini juga melibatkan masyarakat perwakilan dari Desa Batu Belah selaku Pengelola Wisata Pulau Temawan. Pelibatan masyarakat ini sangat penting dilakukan karena kegiatan Coral Reef Garden sejak awal dikonsepkan berbasis masyarakat. Tujuannya, agar pengelolaan ke depan dapat dilaksanakan oleh masyarakat secara mandiri. Dengan tersedianya Coral Reef Garden ini, diharapkan terdapat peningkatan potensi wisata bahari di KKPN TWP Kepulauan Anambas yang nantinya dapat dikelola langsung oleh masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat pesisir agar menjadi masyarakat yang mandiri dan sejahtera. Semoga di tahun-tahun mendatang, ekosistem terumbu karang bertumbuh dengan indah dan sehat di lokasi Coral Reef Garden, menarik ikan-ikan dan biota laut lain untuk berkumpul membentuk komunitas, dan menjadikan Pulau Temawan sebagai salah satu Spot Diving dan Snorkling yang direkomendasikan di Kepulauan Anambas.

Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru   10 September 2021   Dilihat : 46



Artikel Terkait: