Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL PEKANBARU
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Pantau Kondisi Ekosistem, LKKPN Pekanbaru bersama KOMPAK Lakukan Monitoring Terumbu Karang TWP Kepulauan Anambas

(Tarempa, 28/08) Pengelolaan kawasan konservasi perairan pada dasarnya -selain untuk melindungi ekosistem, sumberdaya, dan keanekaragaman hayati- bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat, baik masyarakat yang berada di dalam kawasan maupun di sekitar kawasan. Lingkungan dan sumberdaya yang lestari dapat peningkatan produktivitas perikanan maupun jasa lingkungan seperti meningkatkan hasil tangkapan ikan, budidaya, pariwisata, transportasi dan jasa lingkungan lainnya yang akan memberikan dampak ekonomi serta kesejahteraan bagi masyarakat.

 

  

 

Untuk mempertahankan kondisi lingkungan yang lestari perlu dilakukan berbagai macam upaya pengelolaan, salah satunya adalah dengan melakukan pengamatan kondisi ekosistem terumbukarang yang menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan. Kegiatan ini dilakukan untuk menilai kondisi ekosistem terumbukarang yang ada di dalam kawasan. Dari hasil penilaian kondisi terumbukarang tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu dasar pengambilan kebijakan dalam melakukan pengelolaan kawasan konservasi.

 

Pada Hari Sabtu, 28 Agustus 2021, LKKPN Pekanbaru melalui wilker TWP Kepulauan Anambas memulai agenda monitoring ekosistem terumbu karang di KKPN TWP Kepulauan Anambas dan Laut Sekitarnya. Pelaksanaan kegiatan monitoring direncanakan selama 10 hari dengan target sebanyak 21 titik stasiun yang tersebar di beberapa wilayah TWP Kepulauan Anambas dan sekitarnya. Mengawali kegiatan ini tim monitoring yang terdiri dari pelaksana wilker dengan dibantu tenaga selam lokal dari Kompak Pavona Dive, melakukan pengambilan data di stasiun Pulau Ayam dan Pulau Lima.

 

 

Pengumpulan data dilakukan terhadap kondisi terumbu karang, biodiversitas ikan karang juga megabenthos serta kualitas air yang ada di titik stasiun. Selain melakukan pengambilan data pada titik stasiun yang telah ditentukan, tim juga melaksanakan ground truth terhadap zona inti KKPN TWP Anambas dan Laut Sekitarnya. Dalam kaitannya dengan kondisi Pandemi Covid-19, Penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan dalam kegiatan ini, sesuai dengan Panduan Protokol New Normal Kegiatan teknis yang telah disusun oleh LKKPN Pekanbaru berdasarkan peraturan yang berlaku.

Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru   30 Agustus 2021   Dilihat : 50



Artikel Terkait: