Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL PEKANBARU
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
LKKPN Pekanbaru Melakukan Kegiatan Goes to School di SMK Negeri 1 Anambas dan SMK Negeri 2 Anambas

(Pekanbaru 16/8) Generasi muda adalah generasi penerus yang kelak akan menentukan masa depan bangsa. Sebegai generasi penerus, sudah seharusnya generasi muda mulai bergerak dan memberikan kontribusi nyata, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan beraksi dalam berbagai upaya konservasi. Generasi muda dan konservasi adalah satu kesatuan penting untuk menjaga kelestarian alam ini. Permasalahan lingkungan yang terus menerus terjadi dan semakin mengkhawatirkan, memerlukan peran dan semangat generasi muda agar dampak buruk dari berbagai permasalahan yang ada dapat teratasi. Berbagai macam cara dilakukan untuk mengenalkan pentingnya konservasi untuk kelestarian lingkungan hidup.


Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) pengelola kawasan konservasi Perairan di wilayah barat Indonesia melakukan kegiatan Goes to School di sekolah-sekolah di kawasan sekitar Taman Wisata Perairan (TWP) Anambas yang merupakan salah satu wilayah kerja LKKPN Pekanbaru. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan semangat cinta lingkungan dan konservasi serta meningkatkan kepedulian dalam mengelola dan memanfaatkan sumberdaya kelautan dan perikanan di tingkat sekolah. Kegiatan Goes to School ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan LKKPN Pekanbaru sejak tahun 2016. Pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2019, kegiatan Goes to School dilaksanakan di dua sekolah yaitu SMK Negeri 1 Anambas dan SMK Negeri 2 Anambas. Kegiatan Goes to School kali ini sedikit berbeda dari kegiatan-kegiatan sebelumnya karena diadakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan menghadirkan narasumber dari Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Ibu Lisdayani.


Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa-siswi SMK yang siap turun langsung ke masyarakat dan diharapkan dapat menerapkan semangat konservasi dan menjaga lingkungan hidup di sekitar kawasan tempat tinggal mereka. Siswa-siswi SMK Negeri 1 Anambas dan SMK Negeri 2 Anambas sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan. ”Saya rasa pengetahuan tentang pentingnya menjaga lingkungan sangat penting untuk ditanamkan kepada generasi muda, salah satunya adalah dengan sosialiasi ke sekolah-sekolah seperti ini. Kami sebagai siswa jadi sadar kalau menjaga lingkungan itu penting apalagi laut di Anambas ini indah, kami tidak mau kalau sampai rusak” tutur Meiza, salah satu siswi dari SMK Negeri 1 Anambas yang sangat aktif selama kegiatan berlangsung. Terdapat hal yang menarik dalam sesi awal kegiatan yaitu masih banyaknya siswa yang menganggap mengkonsumsi telur penyu adalah hal yang wajar dan diperbolehkan. Namun setelah materi pengenalan mengenai TWP Anambas dan biota-biota dilundingi di kawasan disampaikan, siswa menjadi paham bahwa mengkonsumsi semua bagian dari penyu baik itu telur, daging, serta memburunya tidak diperbolehkan karena penyu merupakan biota yang dilindungi. Siswa-siswi di kedua sekolah juga berjanji untuk tidak mengkonsumsi telur penyu lagi. Selain peserta didik yang sangat antusias dengan kegiatan ini, pihak guru di kedua sekolah pun juga sangat menyambut baik kegiatan Goes to School di sekolah mereka. Ibu Grace selaku perwakilan dari SMK Negeri 1 Anambas menyampaikan dalam sambutannya bahwa beliau sangat berterimakasih terhadap pihak LKKPN Pekanbaru karena menyelenggaran kegiatan Goes to School di sekolah mereka, dengan adanya kegiatan ini, Ibu Grace berharap siswa-siswinya akan semangat dan menyadari betapa pentingnya menjaga Laut di TWP Anambas yang menurut beliau lebih indah dari laut dan pantai di Pulau Bali. Ibu Lisdayani selaku narasumber dari Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas mengapresiasi dan menyambut baik undangan menjadi narasumber dalam kegiatan ini. ”Sudah seharusnya putra-putri daerah Kepulauan Anambas ditanamkan semangat konservasi dan cinta lingkungan agar kelak dapat menjaga tempat tinggal mereka yaitu Kepulauan Anambas yang sangat cantik, baik lautan maupun daratannya. Saya rasa kegiatan ini harus terus diadakan dan semoga ke depannya akan ada aksi nyata dari siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini” tutur beliau di atas speedboat yang melaju dalam perjalan menuju SMK Negeri 2 Anambas.


Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah selain meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan, juga terdapat aksi nyata yang mereka lakukan untuk melindungi dan menjaga kawasan TWP Anambas agar tetap indah dan lestari sejalan dengan visi misi LKKPN Pekanbaru.

Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru   16 Agustus 2019   Dilihat : 1191



Artikel Terkait: