Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

LOKA KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL PEKANBARU
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Tim Pemantauan Terpadu LKKPN Pekanbaru Masih Jumpai Pelanggaran Zonasi di TWP Kepulauan Anambas

(Tarempa, 2/5) Dalam rangka memberantas praktek ilegal fishing, destructive fishing dan pelanggaran zonasi di kawasan konservasi perairan nasional (KKPN) Taman Wisata Perairan (TWP) Kepulauan Anambas dan Laut Sekitarnya, LKKPN Pekanbaru melalui Wilayah Kerja (Wilker) TWP Kepulauan Anambas bersama Satuan Pengawas PSDKP Anambas, POLRES KKA dan LANAL Tarempa dengan jumlah total sebanyak 9 (sembilan) personil, melaksanakan pemantauan terpadu dengan fokus lokasi di perairan Kecamatan Palmatak dan sekitarnya. Pemantauan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari, dari tanggal 29-30 April 2019 diketuai oleh Ketua Tim Pemantauan Terpadu Asep Ruhiyat, S.St.Pi (Satwas PSDKP KKA) menggunakan Kapal Negara (KN) Labridae milik LKKPN Pekanbaru dengan mengacu pada Tata Cara Kegiatan Pemantauan Terpadu mengacu pada PERDIRJEN Nomor 2/PER-DJPSDKP/2015 Tentang Petunjuk Teknis Pengawasan di Kawasan Konservasi Perairan.

 

Gambar 1. Tim Pemantauan Terpadu berkoordinasi pelaksanaan pemantauan aktivitas pemanfaatan di kawasan konservasi TWP Kepulauan Anambas


Pada hari pertama (29/4), tim pemantauan terpadu berlayar dari Pelabuhan Antang - Perairan Sebelah Timur Pulau Matak - Pulau Tokong Belayar - Pulau Pasu - Tokong Gurun, dan kembali lagi ke Pelabuhan Antang. Pada pemantauan tersebut ditemukan satu pelanggaran aktifitas penangkapan ikan oleh nelayan lokal pada koordinat 3.452605 LU dan 106.258067 BT tepatnya di Zona Pemanfaatan Tokong Belayar, akan tetapi KN Labridae tidak bisa merapat mendekati kapal-kapal tersebut dikarenakan kondisi perairan yang dangkal. Tim Pemantauan Terpadu hanya bisa melakukan pengamatan dari jauh menggunakan pesawat drone.

 

Selanjutnya pada hari kedua (30/4), tim pemantauan terpadu berlayar dari Pelabuhan Antang menuju Pulau Durai - Tokong Nenas - Pulau Pahat - Perairan Sebelah Barat Pulau Matak, dan kembali lagi ke Pelabuhan Antang. Pada pemantauan tersebut, tidak ditemukan adanya aktifitas penangkapan ikan yang melanggar di sepanjang rute pemantauan, hanya dijumpai beberapa nelayan lokal sedang menangkap ikan di sekitar Zona Perikanan Berkelanjutan KKPN TWP Kepulauan Anambas.

Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru   02 Mei 2019   Dilihat : 1423



Artikel Terkait: