Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT KONSERVASI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI LAUT
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
KKP Review Rencana Pengelolaan dan Zonasi TWP Raja Ampat

Dalam rangka review Rencana Pengelolaan dan Zonasi (RPZ) TWP Raja Ampat, LPSPL Sorong Ditjen PRL pada tanggal 8 Agustus 2018 bertempat di Aulau Bupati Raja Ampat menyelenggarakan Konsulasi Publik Review Rencana Pengelolaan dan Zonasi TWP Raja Ampat.

 

Konsultasi publik ini dihadiri perwakilan dari Dit. KKHL, Dinas KP Prov Papua Barat, Plt. UPTD BLUD TWP raja Ampat (UPTD Prov Papua Barat), Satker Raja Ampat BKKPN Kupang,Dinas Perhubungan Raja Ampat, Dinas Pariwisata Raja Ampat, Polres R4, POSAL R4, Dewan Adat Raja Ampat, CI, Rare, TNC, Operator Wisata Bahari dan para pemangku kepentingan lainnya.

 

Dari hasil dari Konsultasi Publik ini disepakati bahwa  seluruh wilayah daratan/pulau dikeluarkan dari kawasan konservasi karena dengan ditetapkannya oleh MenKP (Kepmen 36/2014) menjadi TWP bukan Taman Pulau Kecil maka yang dikelola hanya wilayah perairan saja sedangkan dokumen RPZ yang disyahkan Bupati Raja Ampat sebagai Taman Pulau Kecil yang dikelola melingkupi wilayah daratan dan perairan.

 

Peserta Konsultasi Publik juga megusulkan penambahan luas wilayah perairan yang dijadikan sebagai kawasan konservasi yang terletak di Kampung Salwal, Distrik Salawati Barat dan pengurangan sebagian wilayah perairan di kampung wamega dan Salawati Timur.

 

Selanjutnya perlu dilakukan pemutahiran kembali penataan zonasi beserta kegiatan yang boleh/tidak boleh dengan izin/terdaftar. Dan perlu dilakukan jejaring kawasan konservasi dengan di wilayah Papua Barat dengan Provinsi Papua maupun dengan provinsi lain yang memiliki keterkaitan biota yang bermigrasi (migratory species) maupun keterkaitan ekosistem/siklus hidup sumber daya ikan.

Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut   10 Agustus 2018   Dilihat : 1302



Artikel Terkait: