Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT KONSERVASI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI LAUT
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
KKP Updating Status Pengelolaan Jenis Ikan Dilindungi dan Terancam Punah

PJM 2015 – 2019 menekankan pada pelaksanaan pembangunan berkelanjutan, yang dicirikan oleh  terjaganya daya dukung lingkungan dan kemampuan pemulihan, membaiknya pengelolaan dan pendayagunaan SDA, serta meningkatnya upaya pelestarian lingkungan hidup. Merujuk hal tersebut maka pada Tahun 2015 – 2019, Dit. KKHL akan terus berupaya melakukan pembangunan kelautan dan perikanan berkelanjutan, yakni dengan memelihara dan meningkatkan kualitas nilai dan keanekaragaman sumber daya ikan dan  lingkungannya secara berkelanjutan. Hal tersebut akan diwujudkan melalui program konservasi jenis ikan yang terancam punah.

 

Konservasi jenis ikan adalah upaya melindungi, melestarikan dan memanfaatkan sumber daya ikan untuk menjamin keberadaan, ketersediaan, dan kesinambungan jenis ikan bagi generasi sekarang maupun generasi  yang akan datang.  Upaya konservasi jenis ikan ini akan dilakukan terhadap 20 jenis ikan yang menjadi target spesies prioritas pengelolaan jenis ikan dilindungi dan terancam punah tahun 2015 -2019. Bentuk upaya pokoknya meliputi pendataan, penyusunan regulasi perlindungan, sosialisasi, penyusunan dan implementasi Rencana Aksi Nasional, dengan target akhir populasi terjaga dan memiliki nilai manfaat ekonomi.

 

Dalam rangka, memperbaharui status pengelolaan 20 jenis tersebut, Dit. KKHL pada tanggal 24 Mei 2018 melaksanakan pembahasan pemutakhiran status pengelolaan 20 jenis prioritas. Pembahasan dihadiri oleh perwakilan dari Dit. KKHL, BPSPL Padang, BPSPL Makassar, BPSPL Pontianak, LKKPN Pekanbaru, P2B LIPI, WWF, CI, dan Yayasan Burung Indonesia. Didalam pembahasan disepakati bahwa untuk status populasi bisa menggunakan data kepadatan dan kemunculan. Data-data yang telah dikumpulkan dari UPT PRL dan Mitra akan direkapitulasi oleh Dit. KKHL untuk ditampilkan sebagai data nasional

Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut   25 Mei 2018   Dilihat : 2567



Artikel Terkait: