Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JASA KELAUTAN
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Reklamasi di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang rentan terhadap efek perubahan iklim berisiko tinggi kehilangan daratan akibat kenaikan paras laut. Kelompok marginal khususnya nelayan kecil dan masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil merupakan salah satu penerima dampak sehingga reklamasi di Indonesia merupakan salah satu opsi yang dapat dipilih untuk mempertahankan atau menambah niaf suatu lahan akibat kerusakan lingkungan di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Pemerlntah lndonesia sebagai contoh memilih reklamasi untuk memperahankan tapal batas terluar Negara di Pulau Nipa.

Dengan reklamasi yang baik dan benar, suatu lahan Juga dapat ditingkatkan nilai gunanya. bahkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di sekitarnya. Reklamasi di Bandara Ngurah Rai sebagal contoh dipilih sebagal opsi pengembangan lahan karena keterbatasan lahan di Pulau Bali namun dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan pariwisata Bali. Contoh lain reklamasi yang dilakukan Pemerintah dapat dilihat di Pantai Losari Kota Makassar. Reklamasi telah mengubah wajah kota dari kesan kumuh menjadi kota pesisir bersih sekaligus menjadi pusat wisata dan atraksi kota yang baru sehingga menambah manfaat bagi masyarakat dan pelaku usaha.

Perhatian masyarakat tentang reklamasi di wilayah pesisir dan pulau - pulau kecil cenderung meningkat pada dekade terakhir. Hal tersebut sejalan dengan perkembangan media sosial yang pesat dan mendorong masyarakat lebih cepat dalam bertukar lnformasi. Tentu saja pemahaman yang baik oleh masyarakat merupakan salah satu kunci sukses pembangunan, dan pemerlntah menjadi salah satu pihak yang wajib menyediakan penjelasan utuh bagi masyarakat

Penyusunan buku ini merupakan salah satu upaya information delivery oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut tentang kegiatan reklamasi yang sudah dilakukan di Indonesia. Dikemas dalam format foto/gambar dan lnformasi koordinat lokasi reklamasi diseluruh Indonesia, kami berharap buku ini akan memberi gambaran bahwa reklamasi bukan merupakan hal yang asing dan baru di Indonesia.

Semoga buku ini bermanfaat bagi seluruh stakeholders, dan kami mengharapkan saran dan masukan terhadap buku ini.

BUKU REKLAMASI DI INDONESIA pdf

Direktorat Jasa Kelautan   23 Desember 2019   Dilihat : 2441



Artikel Terkait: