Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT PONTIANAK
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
BPSPL Pontianak Turut Melaksanakan Gerakan Bersih Pantai dan Laut di Pantai Takisung, Kab. Tanah Laut

Tanah Laut - BPSPL Pontianak, Wilker Banjarmasin turut melaksanakan Gerakan Bersih Pantai dan Laut di Pantai Takisung, Kabupaten Tanah Laut pada hari Minggu (19/8/2018). Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan, BKIPM Banjarmasin, BPBAT Mandiangin, Satwas SDKP Banjarmasin, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu, Penyuluh Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan serta Pemerinah Daerah dan Masyarakat setempat


Gerakan Bersih Pantai di Takisung ini merupakan bagian dari Gerakan Bersih Pantai dan Laut serentak yang dilaksanakan di 73 lokasi di Indonesia untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke – 73 Republik Indonesia. Selain itu kegiatan ini merupakan komitment dan aksi nyata Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam menanggulangi sampah di laut untuk menjaga dan melestarikan ekosistem laut.


Sebagai Informasi, berdasarkan hasil riset Jenna Jambeck, peneliti dari Universitas Georgia, Amerika Serikat pada tahun 2015 menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang sampah di laut terbesar ke dua di dunia, setelah negara China. Jumlah sampah yang “disumbangkan” ke laut yaitu sebanyak 187,2 juta ton / tahun dan diprediksi pada tahun 2025 meningkat sebanyak 2 kali lipatnya.

 “Gerakan Bersih Pantai dan Laut di Takisung ini merupakan bentuk aksi nyata sederhana kami dari KKP dan Pemerintah Daerah dalam menanggulangi sampah di laut, selain itu kami berharap akan tumbuh kesadaran di seluruh elemen masyarakat bahwa Laut Bukanlah Tempat Sampah, karena meningkatnya jumlah sampah di laut tentu akan berdampak negatif terhadap kelestarian ekosistem laut dan biota di dalamnya yang pada akhirnya akan berdampak kepada kesejahteraan nelayan/masyarakat” ujar Koordinator Wilker Banjarmasin - BPSPL Pontianak, Andrian Saputra.

 

   
Kegiatan bersih pantai yang diikuti oleh sebanyak 189 orang peserta yang tercatat ini telah berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 442,65 kg sampah yang terdiri atas 256,65 kg sampah plastik, 20 kilogram jaring nilon rusak dan 172 sampah organik berupa sisa batok/sabut/tandan kelapa. Selain itu juga dilakukan penyerahan 5 unit Tong Sampah yang diwakili oleh Kepala BPBAT Mandiangin Kepada Pemerintah Daerah dan UPTD Pengelola Pantai Takisung. 

 

 

Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Pontianak   20 Agustus 2018   Dilihat : 1471



Artikel Terkait: