Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT PONTIANAK
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Kawal Perencanaan PNBP, BPSPL Pontianak Hadiri Pembahasan Tata Cara Penyusunan Proposal Target dan Pagu PNBP

Pontianak (19/4) – Kawal perencanaan PNBP, BPSPL Pontianak hadiri Pembahasan Tata Cara Penyusunan Proposal Target dan Pagu PNBP yang dilaksanakan secara daring, melibatkan Direktorat Penerimaan Negara Bukan Pajak Kementerian/Lembaga (Kementerian Keuangan), Sekretariat Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Direktorat Perencanaan Ruang Laut, Direktorat Jasa Kelautan, Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut, Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil, serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen PRL.

 

Kegiatan dibuka oleh Suko Wardono selaku Koordinator Keuangan dan Umum, Setditjen PRL, beliau menyampaikan bahwa pertemuan tersebut dalam rangka mendapatkan pencerahan terkait penyusunan proposal PNBP hingga penjelasan dalam menetapkan besaran target yang ingin dicapai didalam perencanaan PNBP. “Pemahaman terkait bagaimana PNBP tersebut dijalankan hingga mekanisme yang terjadi di dalam pemanfaatan PNBP perlu untuk menjadi perhatian bersama.”, pungkas Suko.

 

Selanjutnya, pemaparan materi terkait Tata Cara Penyusunan Proposal Rencana PNBP disampaikan oleh Ari Untung mewakili Direktorat PNBP, Ditjen Anggaran. Beliau menyampaikan bahwa tujuan utama PNBP adalah untuk mewujudkan peningkatan kemandirian bangsa, mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka pemanfaatan PNBP hingga mendukung tata kelola pemerintahan yang bersih, professional transparan dan akuntabel. “PNBP sendiri merupakan sumber pendapatan negara terbesar dari masyarakat.”, ucap Ari.

 

   

 

Fungsi PNBP terbagi atas fungsi Budgetary (penunjang APBN dan salah satu pilar pendapatan negara dengan konstribusi terbesar) dan Regulatory (memliki peran penting dan strategis dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam pengendalian dan pengelolaan SDA). Perencanaan PNBP telah diatur dalam PMK No. 155/2021 tentang Tata Cara Pengelolaan PNBP yang dilakukan secara Bottom-Up dan mengikuti siklus penyusunan APBN.

 

Proposal Rencana PNBP setidaknya memuat beberapa hal, diantaranya: (a) Pokok-pokok Kebijakan PNBP, (b) Perkiraan realisasi PNBP Tahun Anggaran Berjalan dan 3 tahun mendatang, (c) Justifikasi, (d) Perkiraan realisasi penggunaan dana PNBP TA Berjalan, hingga (e) Penjelasan capaian realisasi kinerja PNBP dalam 3 (tiga) tahun terakhir. Pendekatan penyusunan target PNBP harus mempertimbangkan sikap Realistis, Optimal dan Sesuai dengan Ketentuan Perundang-undangan.

 

   

 

Berdasarkan PP No. 85 Tahun 2021 terkait Tarif PNBP di lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan, diantaranya yaitu PNBP tanda masuk dan karcis masuk kawasan konservasi, persetujuan kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang laut, persetujuan penangkapan ikan yang bukan tujuan komersil, perizinan berusaha terkait pemanfaatan di laut hingga pemanfaatan jenis ikan dilindungi dan/atau dibatasi pemanfaatannya. Target PNBP DJPRL tahun 2023 – 2026 mencapai hingga 1,053 T dengan peningkatan sebesar 572%.

 

Terakhir, pemaparan materi terkait Aplikasi TPNBP yang disampaikan oleh Hari S., beliau menyampaikan bahwa aplikasi TPNBP bersifat standalone dan berfungsi dalam merekam data target PNBP, telah sampai pada versi 6.0 yang dirilis pada 8 Februari 2022 dengan installer data per 18 April 2022. Beberapa fitur baru yang muncul seperti menu Copy Target dalam rencana penerimaan, Rekam Alokasi Data yang muncul dalam tampilan berbeda hingga Backup dan Restore Data yang lebih mudah dari versi terdahulunya sehingga diharapkan pencatatan target dan rencana PNBP oleh masing-masing Unit Pelaksana Teknis dapat lebih mudah dilakukan. (HST)

Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Pontianak   19 April 2022   Dilihat : 54



Artikel Terkait: