Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT PONTIANAK
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
BPSPL Pontianak Hadiri Rapat Verifikasi Teknis Permohonan Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut

Banjarmasin (5/11) – Tindak lanjuti permohonan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL) yang diterima Menteri Kelautan dan Perikanan melalui Sistem OSS, BPSPL Pontianak ikuti rapat verifikasi teknis. Pemaparan dan diskusi permohonan PKKPRL PT Dua Samudera Perkasa yang berlokasi di Teluk Paria, Sulawesi Tengah. Kegiatan yang dimohonkan berupa reklamasi untuk pembangunan fasilitas terminal umum seluas 50 ha. Terdapat mangrove, lamun dan terumbu karang di lokasi dan berada dalam zona perikanan demersal dan pelagis. Ada beberapa data yang belum muncul seperti data sedimentasi dan kedalaman. Reklamasi dilakukan di dekat muara sungai sehingga diperlukan data hasil pemodelan untuk memastikan dampak sedimentasi yang akan terjadi. Kesimpulannya, permohonan PKKPRL PT Dua Samudera Perkasa ditolak karena belum melengkapi data-data yang dibutuhkan.

 

Pemaparan dan diskusi permohonan PKKPRL PT Galangan Samudera Madura yang berlokasi di Kabupaten Bangkalan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan yang dimohonkan berupa reklmasi untuk pembangunan galangan pembangunan dan perbaikan kapal. Lahan sebelumnya merupakan hasil reklamasi tahun 2010 oleh perusahaan lain sehingga memerlukan data-data terkait legalitas reklamasi yang telah dilakukan. Lokasi berada pada Kawasan Strategis Nasional Pertahanan dan Keamanan Negara, namun pemohon telah mendapatkan surat keterangan tidak mengganggu operasional dari TNI AL. Pemohon mendapatkan dukungan percepatan dari Bupati Bangkalan berupa pelepasan hak garap atas tanah negara dan warga sekitar. Kesimpulannya, permohonan PKKPRL PT Galangan Samudera Madura direkomendasikan untuk peninjauan kembali dan akan dilakukan pengecekan terkait keterlanjuran kegiatan reklamasi yang dilakukan.

 

Pemaparan dan diskusi permohonan PKKPRL PT Dua Samudera Perkasa dan PT Jhonlin Group di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Kegiatan yang dimohonkan oleh PT Dua Samudera Perkasa berupa reklamasi untuk pembangunan fasilitas terminal umum seluas 291 ha. Sementara PT Jhonlin Group melakukan permohonan kegiatan reklamasi untuk pembangunan terminal khusus, alur pelayaran serta areal kepentingan pelabuhan seluas 1.916 ha. Berdasarkan RZWP3K Kalimantan Selatan, kesesuaian lokasi keduanya berada pada Zona DLKr/DLKp namun berada dekat dengan Kawasan Konservasi Perairan. Dari interpretasi citra satelit terdapat vegetasi mangrove di Lokasi yang dimohonkan oleh PT Dua Samudera. Lokasi ini juga berada dekat dengan muara sungai diperlukan data hasil pemodelan untuk memastikan dampak sedimentasi yang akan terjadi. Kesimpulannya, permohonan PKKPRL PT Dua Samudera Perkasa dan PT Jhonlin Group ditolak dengan alasan: rencana kegiatan menutupi sebagian besar muara sehingga perlu dilakukan simulasi hidrodinamika, perlu diperkuat dengan data geoteknik dan gemorfologi beserta sumber data yang disampaikan, perlu dipastikan teknik reklamasi yang digunakan dan disampaikan dengan detail, data Hidro-oseanografi kedua permohonan sama persis sehingga perlu diperiksa lebih lanjut, rencana kegiatan akan berdampak pada ekosistem mangrove sehingga perlu ada kompensasi, terdapat overlap dengan pemanfaatan ruang darat milik perusahan lain.

Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Pontianak   05 November 2021   Dilihat : 39



Artikel Terkait: