Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT PADANG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Rencana Penetapan Kawasan Konservasi Pasaman Barat, Sumatera Barat

 

Padang – Telaah Rancangan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Pasaman Barat, BPSPL Padang turut terlibat pembahasan Rencana Penetapan Kawasan Konservasi Perairan Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Kamis (21/10) melalui ZOOM meeting yang diselenggarakan oleh Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati laut (Dit.KKHL). Bertujuan untuk menelaah rancangan Kepmen dan hasil evaluasi teknis penetapan KKP Kab. Pasaman Barat, kegiatan turut melibatkan Sekretariat Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Setditjen PRL), Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (Dit. P4K) dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Konservasi dan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (KPSDKP) Provinsi Sumatera Barat.

 

Gustiawirman,Koordinator Kelompok Sdm Aparatur, Hukum, dan Organisasi Sesditjen PRL, menyampaikan beberapa hal terkait dengan rancangan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang Kawasan Konservasi Pasaman Barat di Provinsi Sumatera Barat yaitu dasar hukum pembentukan Kawasan Konservasi, tata cara penetapan, kronologi penetapan dan luasan Kawasan Konservasi Peraian Kab. Pasaman Barat. Lebih lanjut disampaikan hasil evaluasi teknis Penetapan Kawasan Konservasi Perairan Pasaman Barat seluas 6122,14 Ha memiliki target konservasi yaitu terumbu karang dan penyu dengan kategori yang diusulkan adalah Taman dengan luas zona inti sebesa 50,96 Ha.

 

Sementara itu kesesuaian dengan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Pulau Kecil (RZWP3K), luas kawasan konservasi sudah sesuai dengan alokasi RZWP3K. Hal yang perlu diperbaiki yaitu titik koordinat dimana terdapat perbedaan antara peta dan table daftar koordinat, penulisan nama pulau dan lainnya. Mengakiri pertemuan, BPSPL Padang menyampaikan akan terus  bekerjasama dengan DKP dan UPTD KPSDKP dalam percepatan penetapan KKPD yang ada di Sumatera Barat dan untuk perubahan data RBI 2021 siap melakukan penyesuaian.

 

Melody Virginia   24 Oktober 2021   Dilihat : 90



Artikel Terkait: