Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT PADANG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Pelatihan Budidaya Ikan Belida dan Koordinasi Pengurusan SIPJI Pengembangbiakkan Belida

Palembang – Tingkatkan pelayanan perizinan pemanfaatan jenis ikan dilindungi, BPSPL Padang mengikuti Pelatihan Budidaya Ikan Belida sekaligus berkoordinasi terkait pengurusan SIPJI Pengembangbiakkan belida pada Rabu (15/09) di Kecamatan Plaju, Kota Palembang. Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Palembang, PT. Pertamina Refinery Unit III Plaju, Pokdakan Mulia, pengelola Alchansa Farm, penyuluh perikanan Kota Palembang, dan perangkat daerah Kecamatan Plaju turut serta pada kegiatan ini.

Pelatihan budidaya ikan belida ditujukan kepada kelompok pembudidaya ikan di Kecamatan Plaju merupakan kerja sama antara BRPPUPP Palembang dan PT. Pertamina Refinery Unit III Plaju sebagai salah satu upaya untuk pelestarian kekayaan plasma nutfah ikan belida dan ikan asli di Sumatera Selatan. Disampaikan bahwa penelitian yang dilakukan oleh BRPPUPP Palembang sejak tahun 2020 telah menghasilkan generasi pertama (F1). Melalui kegiatan ini, BPSPL Padang berkesempatan menginformasikan kepada perwakilan CSR Pertamina dan kelompok binaannya mengenai Surat Izin Pemanfaatan Jenis Ikan (SIPJI) Pengembangbiakkan ikan belida. Sebelumnya pada tahun 2020, kelompok dan Pertamina sudah melakukan permohonan perizinan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan. Namun, permohonan belum dapat ditindaklanjut mengingat adanya pengalihan Otoritas Pengelola CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Terkait hal ini, disarankan untuk mengajukan kembali perizinan melalui pendaftaran akun di Online Single Submission (OSS) dengan skala UMK (Usaha Mikro Kecil) Perorangan dan memasukkan kode KBLI 03271 (ikan bersirip).

 

Selain itu, kelompok diminta untuk mulai melengkapi berkas administrasi lainnya seperti proposal SIPJI Pengembangbiakkan sembari menunggu informasi terkait dokumen lain yang dibutuhkan. Tindak lanjut dalam permohonan izin ini adalah akan dilakukan pemeriksaan jumlah dan stadia ikan belida yang dimiliki oleh kelompok tersebut.

 

Intan Nurzahra K   16 September 2021   Dilihat : 44



Artikel Terkait: