Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT PADANG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Evaluasi Teknis Penetapan KKPD Pasaman Barat, BPSPL Padang Terlibat Pembahasannya


Padang – BPSPL Padang mengikuti evaluasi teknis penetapan Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Pasaman Barat pada Senin (13/09) secara virtual dalam rangka penyampaian hasil evaluasi teknis tersebut dan tindak lanjut ke depannya. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut (Dit. KKHL), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat, dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Konservasi dan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (KPSDKP) Sumatera Barat.


Sukendi Darmasyah, Subkoordinator Kelompok Kawasan Konservasi Daerah Dit KKHL menyampaikan bahwa tahapan evaluasi penetapan kawasan konservasi terdiri atas evaluasi aspek teknis, evaluasi aspek hukum, dan pengesahan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan. Berdasarkan hasil evaluasi teknis, diketahui bahwa KKPD Pasaman Barat yang termasuk kategori Taman ini memiliki luas 6.119,02 Ha dengan 3 zona, yaitu zona inti (156,89 Ha), zona pemanfaatan terbatas (5.925,54 Ha) dan zona pelabuhan/tambat labuh (36,59 Ha). KKPD Pasaman Barat berlokasi di sekitar perairan Pulau Taluo, Pulau Pigago, dan Pulau Pangka dengan prioritas target konservasi berupa terumbu karang dan penyu. Adapun UPTD KPSDKP Sumatera Barat akan berperan sebagai unit pengelola.


Selain itu, terdapat dua hal yang perlu dilengkapi, yaitu pemetaan habitat penyu dan pemutakhiran garis pantai dari RBI 2015 menjadi RBI 2017. Lebih lanjut, BPSPL Padang akan terus berkoordinasi dengan DKP Provinsi Sumatera Barat dan UPTD KPSDKP Sumatera Barat untuk pemutakhiran data.

 

Intan Nurzahra K   14 September 2021   Dilihat : 35



Artikel Terkait: