Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT MAKASSAR
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Pemberian Bantuan KOMPAK kepada Pinisi Diving Club (PDC) di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

  

Pada tanggal 30 Juni, KKP melalui BPSPL Makassar kembali memberikan bantuan sarana konservasi kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) “Pinisi Diving Club (PDC)” yang dilaksanakan di Dego Dego Bira Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan sebagai bentuk dukungan KKP terhadap kegiatan pelestarian terumbu karang serta pengawasan terkait perlindungan dan pelestarian jenis biota.

Penyerahan bantuan sarana konservasi diwakili oleh Subkoordinator Pendayagunaan dan Pelestarian BPSPL Makassar, Munandar Jakasukmana, S.Pi., M.Si., dan dihadiri oleh Subkoordinator Kelompok Jejaring Konservasi Dit. KKHL, Ihsan Ramli, S.T., M.Si. Selain itu, turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bulukumba, Drs. Asrar A. Amir, dan Camat Bonto Bahari, Andi Syamsir Achyat Patunru, S.Pt.

Bantuan tersebut diberikan langsung kepada Indiz Essa Rutepa selaku Ketua PDC senilai Rp 103.173.776 yang berupa 2 set peralatan selam lengkap, 2 unit handy talky, 3 buah senter kepala, 2 unit mooring buoy, 4 sarana pemberat mooring buoy dan kelengkapannya, 50 unit rak transplantasi, 1 unit teropong binokuler, 1 unit toa, 1 unit underwater camera, dan 1 unit laptop.

Kabupaten Bulukumba memiliki ekosistem terumbu karang yang cukup melimpah, sehingga perlu dilaksanakan kegiatan konservasi secara berkala untuk menjaga kelestarian dan mencegah kerusakan ekosistem tersebut. Diharapkan dengan adanya bantuan ini, PDC dapat membantu kegiatan pelestarian terumbu karang serta pengawasan terkait perlindungan dan pelestarian jenis biota yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Pemberian bantuan KOMPAK di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan ini merupakan kegiatan terakhir dalam rangkaian kegiatan serah terima bantuan KOMPAK yang dilaksanakan pada tahun 2022. Sebelumnya, BPSPL Makassar juga telah menyerahkan bantuan KOMPAK kepada Pokmaswas Terumbu Karang di Minahasa Utara, Sulawesi Utara dan Sombori Dive Conservation di Morowali, Sulawesi Tengah.

Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Makassar   30 Juni 2022   Dilihat : 53



Artikel Terkait: