Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT MAKASSAR
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Pastikan Keberhasilan Transplantasi Karang CSC Konawe, BPSPL Makassar Lakukan Perawatan

       Konawe (24 Juli 2021), Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar Wilker Kendari, beserta dengan SDC Universitas Muhammadiyah Kendari, OK Dive ,dan Kelompok Masyarakat Bajo Bangkit Sulawesi Tenggara melaksanakan kegiatan Monitoring Coral Stock Center pertama periode bulan Juli di Perairan Pulau Bokori Kabupaten Konawe. Kegiatan monitoring tersebut bertujuan untuk merawat karang hasil transplantasi dengan cara membersihkan rak karang dan juga menghitung survival rate hasil transplantasi.

 

           Tim melakukan pembersihan media Coral Stock Center yang ditumbuhi lumut dan alga. Tim juga menghitung fragmen yang mati. Dari 920 fragmen karang terdapat 92 fragmen yang mati, terdiri dari Alveopora spp 31 fragmen, Catalaphyllia jardinei 29 fragmen, Plerogyra turbida 13 fragmen, Acropora spp 10 Fragmen,  Echinophyllia spp. 2 fragmen dan 7 dari fragmen jenis lainnya. Jika dihitung persentase Survival Rate (Tingkat kelangsungan Hidup) mencapai 90% fragmen yang hidup.  Pada monitoring selanjutnya akan dilakukan penggantian Fragmen yang mati dengan fragmen baru. Secara umum Karang tumbuh dengan baik, selain itu lokasi Coral Stock Center di Perairan Pulau Bokori sudah mulai menjadi rumah ikan diantaranya ikan Buntal, Banggai Cardinal Fish, Lionfish dan terdapat beberapa jenis ikan family Achanturidae.

              Kepala BPSPL Makassar, Getreda M Hehanussa, menjelaskan bahwa kegiatan perawatan transplantasi karang di CSC Konawe ini akan terus dilakukan untuk memastikan pertumbuhan dan keberhasilan transplantasi. "Perawatan dan pemeliharaan sangat penting dilakukan pada transplantasi karang, karena jika karang ditumbuhi alga dan lumut maka pertumbuhannya tidak maksimal, oleh sebab itu perawatan dan pemeliharaan harus dilakukan secara periodik" jelas Getreda

Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Makassar   24 Juli 2021   Dilihat : 76



Artikel Terkait: