Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT MAKASSAR
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
ASA DI KAWASAN KONSERVASI PESISIR DAN PULAU-PULAU KECIL BALA-BALAKANG KABUPATEN MAMUJU PROVINSI SULAWESI BARAT (Bagian 1)

            Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (KKP3K) Bala-Balakang merupakan Kawasan Konservasi Perairan yang tercatat dalam Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Barat Nomor 6 Tahun 2017 tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2017 – 2037. Secara keseluruhan Kawasan Konservasi Laut  di Sulawesi Barat  direncanakan menjadi 2 kategori yaitu Kawasan Konservasi Perairan (KKP) dan Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KKP3K).

                        kkp3k

           Secara administrasi kepulauan Bala-Balakang termasuk dalam wilayah Kecamatan Bala-Balakang, Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. dengan luas wilayah 1,47 Km².

           Secara geografis Kepulauan Bala-Balakang terletak pada 117012’ 45 BT- 117059’23’’ BT dan 2009’36 LS – 2036’35 LS. Kepulauan Bala-Balakang memiliki 16 pulau-pulau yang tersebar di tengah-tengah antara Pulau Sulawesi dengan Pulau Kalimantan Timur. Diantara pulau – pulau tersebut 10 pulau berpenghuni, yaitu Pulau Ambo, Labia, Seloang, Malamber Besar, Lamundaan, Salissingang, Saboyang, Popongan, Samataha dan Sabakkatang.  Sedangkan 6 pulau yang tidak berpenghuni yaitu Pulau Malamber Kecil, Tappilagaan, Sumanga Besar, Sumanga kecil, Kamariang Besar, Kamariang Kecil.

           Kawasan Konservasi Perairan dikelola dengan sistem zonasi untuk mewujudkan pengelolaaan sumber daya  ikan dan lingkungannya secara berkelanjutan, sedangkan Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil adalah kawasan pesisir dan pulau- pulau kecil dengan ciri khas tertentu yang dilindungi untuk mewujudkan pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil secara berkelanjutan. 

           Kawasan Konservasi Perairan dialokasikan pada perairan di daratan utama Sulawesi Barat, sedangkan Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil dialokasikan pada perairan di Kepulauan Bala-Balakang. Kawasan Konservasi Perairan memiliki zona inti, zona perikanan berkelanjutan, zona pemanfaatan, dan zona lainnya; sedangkan Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil memiliki zona inti, zona pemanfaatan terbatas, dan zona lainnya. 

           Zona inti KKP3K Bala-Balakang memiliki luas total 0,98 Ha, yang tersebar di perairan Pulau Kamarian Kecil, Pulau Sumanga Besar dan Pulau Sumanga Kecil atau biasa dikenal juga dengan Pulau Sumanga Kayyang, Sumanga Marinni, Panampeang. Zona Inti KKP diperuntukkan bagi perlindungan mutlak habitat dan populasi ikan; penelitian; dan pendidikan, sedangkan zona inti KKP3K antara lain diperuntukkan bagi (a) perlindungan mutlak habitat dan populasi ikan, serta alur migrasi biota laut; (b) perlindungan ekosistem pesisir yang unik dan/atau rentan terhadap perubahan; (c) perlindungan situs budaya/adat tradisional; (d) penelitian; dan/atau (e) pendidikan.

          Zona inti KKP3K antara lain diperuntukkan: (a) perlindungan mutlak habitat dan populasi ikan, serta alur migrasi biota laut; (b) perlindungan ekosistem pesisir yang unik dan/atau rentan terhadap perubahan; (c) perlindungan situs budaya/adat tradisional; (d) penelitian; dan/atau (e) pendidikan. Zona Pemanfaatan terbatas KKP3K antara lain diperuntukkan: (a) perlindungan habitat dan populasi ikan; (b) pariwisata dan rekreasi; (c) penelitian dan pengembangan; dan/atau (d) pendidikan. Zona inti dalam KKP3K dapat terdiri dari: (a) Daerah tempat berpijah (spawning ground), tempat bertelur (nesting site), daerah asuhan (nursery ground), tempat mencari makan (feeding ground) ikan dan/atau biota perairan lainnya; (b) Ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil yang relatif masih utuh dan tidak terganggu; dan (c) Ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil yang unik dan rentan terhadap perubahan.

         Zona pemanfaatan terbatas KKP3K memiliki luas 1,62 Ha, yang tersebar di beberapa perairan pulau-pulau kecil di Kepulauan Bala-Balakang, Kabupaten Mamuju. Zona Pemanfaatan terbatas KKP3K antara lain diperuntukkan: (a) perlindungan habitat dan  populasi  ikan;  (b)  pariwisata  dan  rekreasi;  (c)  penelitian  dan  pengembangan; dan/atau (d) pendidikan. Yaitu di Pulau Kamarian Kayyang, Kamarian Marinni dan Popongan.

        Zona lainnya KKP3K memiliki luas 182,12 Ha yang meliputi sebagian wilayah perairan di Kepulauan Bala-Balakang. Zona lainnya di KKP3K perairan Kepulauan Bala-Balakang dialokasikan untuk zona rehabilitasi terumbu karang, khususnya pada kawasan-kawasan yang  terumbu karangnya tergolong rusak. Zona lainnya juga diperuntukkan untuk zona rehabilitasi padang lamun. Yaitu di pulau Gusungdurian, Buraolei, Labia, Lalungan, Lamudaan Kayyang, Marinni, Malamber Marinni, Malember, Saboyang, Salissingan, Samataha, Seloang (KH).

Bersambung...

Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Makassar   11 Juni 2020   Dilihat : 993



Artikel Terkait: