Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT DENPASAR
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Virtual Meeting Bimbingan Teknis Evaluasi Efektifvitas Pengelolaan Kawasan Konservasi

 

GIANYAR, Bali – Senin-Selasa (26-27/07) BPSPL Denpasar mengikuti kegiatan VM (Virtual Meeting) Bimbingan Teknis Evaluasi Efektifvitas Pengelolaan Kawasan Konservasi yang dilaksanakan sehubungan dengan akan dilaksanakannya Evaluasi Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi TWP
Nusa Penida dan KKM Teluk Benoa pada Rabu, 28 Juli 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari BPSPL Denpasar, Bidang Kelautan DKP Provinsi Bali, UPTD KKP Bali, UPTD KKP Bali-Nusa Penida dan Yayasan Pusat Segitiga Karang.

Bimbingan Teknis Evaluasi Efektifvitas Pengelolaan Kawasan Konservasi ini difasilitasi oleh Yayasan Pusat Segitiga Karang dengan fasilitator Bapak I Nyoman Suardana (CTC) dan Ibu Silvianita Timotius (CTC). Adapun modul pembelajaran pada bimtek ini yaitu :
Modul 1 Melaksanakan Penilaian Efektivitas Kawasan Konservasi :
1.1 Menjelaskan kerangka kerja efektivitas pengelolaan;
1.2 Menjelaskan tatacara pelaksanaan evaluasi;
1.3 Melaksanakan penilaian efektivitas pengelolaan.
Modul 2 Menetapkan status EVIKA :
2.1 Merumuskan hasil Evaluasi dan Rekomendasi;
2.2 Menyusun laporan hasil evaluasi;

Sesudah sesi materi, peserta bimtek kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan praktek pengisian lembar kerja penilaian EVIKA untuk TWP Nusa Penida dan KKM Teluk Benoa. Setelah itu peserta kemudia digabung lagi menjadi grup besar untuk kemudian dilakukan simulasi verifikasi pengelolaan kawasan konservasi perairan TWP Nusa Penida dan KKM Teluk Benoa. Simulasi ini juga sebagai latihan bagi pengelola kawasan konservasi perairan TWP Nusa Penida dan KKM Teluk Benoa untuk mengahadapi Penilaian Evaluasi Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi (EVIKA) oleh tim penilai pada Rabu, 28 Juli 2021.


Bimtek ditutup oleh Bapak I Nengah Suadana mewakili Kepala DKP Bali dengan harapan penilaian EVIKA TWP Nusa Penida dan KKM Teluk Benoa pada esok harinya dapat berjalan lancar.

 

Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar   28 Juli 2021   Dilihat : 58



Artikel Terkait: