Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT DENPASAR
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Pelepasliaran Terumbu Karang Hasil Sitaan POLAIR POLDA NTB di Pantai Elak-elak, Kab. Lombok Barat

 

Pada hari Rabu, 28 Juli 2021 Balai pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut (BPSPL) Denpasar wilker NTB bersama BKSDA NTB, PSDKP MATARAM, dan POLAIR POLDA NTB, melakukan pelepasliaran Terumbu karang sebanyak ± 185 buah karang hias dari 200 buah karang hias yang disita.

Dari pengamatan visual untuk jenis terumbu karang Euphyilia Sp. dengan Spesies Euphyllia glabrescenes dan Euphyllia cristata dari substrat penyusunnya dan zoozantela yang memiliki ciri khas jenis tersebbut. Dilihat dari kondisi barang bukti karena perjalanan dan pengemasan yang kurang baik terlihat sudah memutih dan sebagian besar mati. Dimana satu boks karang , masih dilapis tisu basah dan daun.

Pelepasliaran Terumbu Karang dilaksanakan pada pukul 11.00 WITA dengan menggunakan Kapal Nelayan milik POKWASMAS ELAK-ELAK, BPSPL Denpasar wilker NTB merekomendasikan pelepasliaran ± 185 buah karang hias dan sisa penyisihan sebanyak 15 buah karang hias di Pantai Elak-elak, Kab. Lombok Barat, dipilih karena lokasinya yang cocok untuk habitat karang hias yaitu sesuai kondisi alam untuk jenis karang jenis spesies Euphyllia serta ada pokwasmas setempat yang dapat memonitoring tumbuh kembang karang tersebut.

 

Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar   28 Juli 2021   Dilihat : 71



Artikel Terkait: