Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PENGELOLAAN SD PESISIR & LAUT DENPASAR
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Pendampingan Pembuatan Media Terumbu Karang Kegiatan Rehabilitasi Habitat Keritis Jenis Ikan Dilindungi/Terancam Punah di Sekotong Kabupaten Lombok Barat

 

Lombok Barat (27/07) – Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Wilker NTB melaksanakan Pendampingan Pembuatan Media Terumbu Karang Kegiatan Rehabilitasi Habitat Keritis Jenis Ikan Dilindungi/Terancam Punah di Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Adapun hasil yang dapat dilaporkan adalah:

1.Pembuatan Media Terumbu Karang Kegiatan Rehabilitasi Habitat Keritis Jenis Ikan Dilindungi/Terancam Punah di Sekotong Kabupaten Lombok Barat dilakukan oleh Pokmaswas Elak-elak, dan mulai dikerjakan pada tanggal 27 Juli 2021. adapun bentuk media yang dibuat berdasarkan arahan serta gambaran yang telah disediakan oleh Wilker NTB.
2. Media terumbu karang yang dibuat terdiri dari 3 bentuk, yaitu Pohon Karang dari pipa paralon, Meja Besi, dan Meja Paralon.
3. Untuk target penyelesaian pembuatan media terumbu karang sekitar 3 – 4 hari.
4. Proses pendampingan yang dilakukan oleh wilker NTB dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan dari hasil pembuatan media yang dilakukan oleh Pokmaswas Elak-elak.
5. Pembahasan terkait bibit karang yang akan digunakan untuk kegiatan Rehabilitasi Habitat Keritis Jenis Ikan Dilindungi/Terancam Punah oleh tim wilker NTB dan Pokmaswas Elak-elak. Dimana rencananya bibit karang yang akan digunakan adalah bibit yang berada disekitar lokasi, hal ini menjadi pertimbangan berdasarkan hasil survey kesesuaian yang sebelumnya dilakukan oleh tim Wilker NTB, bahwa diterdapat beberapa jenis karang disekitar lokasi yang dapat digunakan sebagai bibit karang untuk ditempatkan di media karang buatan.
6. Pada pendampingan tersebut juga melibatkan beberapa mahasiswa yang sedang PKL di kantor Wilker NTB.

 

Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar   27 Juli 2021   Dilihat : 53



Artikel Terkait: