Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL KUPANG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Workshop Penyusunan Neraca SDAL

 

Kupang – Selasa (29/03) Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang mengikuti Workshop Penyusunan Neraca SDAL. Workshop ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk menilai potensi perairan di Indonesia. Dalam acara workshop tersebut, beberapa materi disampaikan terkait dengan pentingnya melakukan penilaian potensi perairan, sehingga dengan adanya penilaian tersebut, besarnya kerusakan tentunya dapat dihitung dengan menerapkan konsep neraca SDAL.

Acara workshop kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang terbagi menjadi 4 kelompok. Dalam Kelompok 1 yang membahas prioritas neraca, didapat hasil bahwa untuk penyediaan data sekunder terutama dari KKP, setiap tahun SUOP melakukan monitoring biofisik secara time series. Data lainnya dari ICCTF dan RARE. Formasi data global: konteks nasional terdapat one map mangrove oleh KLHK dan one map lamun oleh BRIN, kemudian ada coral reef ATLAS. Pada Kelompok 2 yang membahas prioritas lokasi didapat hasil bahwa lokasi prioritas pertama yang akan dilakukan pengukuran neraca SDAL adalah di 10 kawasan konservasi perairan nasional yang dikelola oleh KKP.

Hasil diskusi pada kelompok 3 adalah perlunya dokumen SK tim Neraca SDAL lintas K/L dalam bentuk Keputusan Menko, dimana pendetailan terhadap susunan tim perlu untuk dituangkan dalam SK tersebut.

Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang   29 Maret 2022   Dilihat : 86



Artikel Terkait: