Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NASIONAL KUPANG
DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Rapat Koordinasi Sosialisasi Stakeholder Mengenai Pelaksanaan Lapangan dan Matriks Penyusunan Dossier untuk Mendukung Geopark Maros Pangkep Menuju Global Geopark UNESCO

 

Kupang (03/09) Dalam rangka mempersiapkan Geopark maros pangkep yang akan diusulkan menjadi Global Geopark Unesco, BKKPN Kupang bersama stakeholders terkait mengikuti rapat koordinasi sosialisasi pelaksanaan survey lapangan dan matriks penyusunan dossier secara daring. Geopark Maros Pangkep sendiri  diusulkan oleh Pemerintah RI untuk mejadi Global Geopark UNESCO, yang sebelumnya terdapat 15 geopark nasional yang diusulkan, dan hanya dua yang lolos yaitu Geopark Maros Pangkep dan Geopark Ijen. Gubernur Sulawesi Selatan melalui Tim TGUPP memberikan dukungan penuh dengan rencana pengajuan Geopark Maros Pangkep menjadi Global Geopark UNESCO tahun 2021, melalui revisi RPJMD dengan memasukan point point kebijakan yang mendukung tercapainya hal tersebut. Selain itu dengan mendorong program kolaborasi yang akan di lead oleh Dinas Pariwisata Sulsel. Isu yang akan diangkat dan diusulkan kepada UNESCO adalah Indonesian Island Geopark, dengan menetapkan 30 geosite prioritas. Delineasi kawasan Geopark Nasional Maros Pangkep meliputi 2 kabupaten (maros dan pangkep), dengan wilayah darat seluas 2.243 km2 dan kawasan laut dengan luas 2.815 km2. Tercakup dalam 7 jalur Geotrail dan 30 Geosite.

 

Tahapan pengajuan ke Unesco meliputi Apiring Geopark,  Verifikasi & Evaluasi, Sidang Council dan Sidang Eksekutif. Pada Delineasi Geopark Maros Pangkep akan ditekankan untuk menampakkan peta Taman Nasional Bantimurung dan Taman Wisata Perairan Kepulauan Kapoposang. BP Geopark Maros Pangkep mengharapkan kebutuhan data dari BKKPN Kupang diantaranya Daftar dan Peta sebaran kawasan konservasi perairan di sulawesi selatan, Daftar keanekaragaman hayati di Provinsi Sulawesi Selatan, Laporan Kegiatan terkait konservasi, pendidikan/penelitian dan pemberdayaan masyarakat di kawasan konservasi TWP Kep. Kapoposang, Data kunjungan dan profil pengunjung di kawasan konservasi TWP Kep. Kapoposang.

 

Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang   03 September 2020   Dilihat : 85



Artikel Terkait: