Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT

Kilas Berita  
Mengenal Kima di TWP Gili Matra

Salah satu daya tarik wisatawan terutama diver dan snorkler di Taman Wisata Perairan Gili Ayer, Gili Meno dan Gili Trawangan (TWP Gili Matra) adalah Kima suku Tridacnidae, yang merupakan salah satu spesies yang dilindungi di Kawasan TWP Gili Matra. Tujuh jenis Kima di Perairan Indonesia, terdapat lima jenis kima di TWP Gili Matra yaitu :Tridacna maxima, Tridacna squamosa ,Tridacna gigas ,Tridacna crocea, Tridacna derasa dengan ukuran cangkang 7 - =30 cm, dan hidup pada karang atau pecahan karang.

a. Tridacna crocea

Tridacna crocea (sumber : Wilker TWP Gili Matra, 2015)

Spesies ini merupakan spesies yang terkecil ukurannya pada famili Tridacnidae. Panjang cangkang spesies ini mencapai 15 cm. Spesies ini mengebor ke dalam coral/karang hingga bagian tepi atas dari cangkangnya (Lucas, 1988), hidup pada daerah intertidal dan mempunyai densitas yang tinggi pada suatu daerah dengan daerah distribusi luas yang meliputi daerah Indo-Malayan dan Samudra Pasifik bagian barat, dari Thailand hingga New Caledonia (Lucas, 1988 ; Knop, 1996).

b. Tridacna squamosa

Tridacna squamosa (sumber: Wilker TWP Gili Matra, 2015)

Tridacna squamosa umumnya dikenal dengan kerang raksasa bergalur dan kerang bersisik. Panjang cangkang spesies ini mencapai 40 cm. Spesies ini merupakan salah satu dari sejumlah spesies kima yang hidup pada ekosistem terumbu karang dangkal Pasifik Selatan dan Samudra India (Sumber : Wikipedia)

c. Tridacna derasa

Tridacna derasa (sumber: Wilker TWP Gili Matra, 2015)

Tridacna derasa memiliki panjang cangkang hingga mencapai 60 cm. Spesies ini meupakan spesies asli perairan sekitar Australia, Kepulauan Cocos, Fiji, Indonesia, Kaledonia Baru, Palau, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, Tonga, dan Vietnam. Dapat ditemukan di tepi luar terumbu pada kedalaman 4 sampai 10 meter (Sumber : Wikipedia).

d. Tridacna maxima

Tridacna maxima (sumber : Wilker TWP Gili Matra, 2015)

Spesies ini dapat ditemukan di seluruh wilayah Indo-Pasifik dan hidup di permukaan terumbu atau pasir, atau sebagian tertanam di karang (sumber : wikipedia). Memiliki panjang cangkang sekitar (35 - 40 cm) di alam liar (sumber : animal world.com).

e. Tridacna gigas

Tridacna gigas (sumber : wikipedia)

Tridacna gigas hidup di pasir karang datar atau rusak karang dan dapat ditemukan di kedalaman 20 m (66 kaki), Spesies ini hidup di terumbu karang dangkal Pasifik Selatan dan Hindia, memiliki berat mencapai lebih dari 200 kilogram, panjang cangkang mencapai 120 cm, dan memiliki umur rata-rata di alam liar lebih dari 100 tahun, dapat ditemukan di perairan indo-pasifik, lepas pantai Filipina, dan Laut Cina Selatan (Sumber : Wikipedia).

Peta Sebaran Kima di TWP Gili Matra

Dari hasil monitoring spesies yang dilindungi, Wilker TWP Gili Matra tahun 2015 kelimpahan kima ditemui di beberapa titik yaitu zona inti Gili Trawangan dengan kelimpahan yang cukup tinggi 250 ind/ha untuk jenis Tridacna squamosa, sedangkan kelimpahan kima di zona inti Gili Air dan Gili Meno adalah sebesar 100 ind/ha. Selain di zona inti, kima juga tersebar di zona lainnya di Perairan TWP Gili Matra.

Kondisi tersebut menunjukkan bahwa potensi kima di TWP Gili Matra masih sangat baik, terutama di Zona Inti karena Zona Inti merupakan daerah Perlindungan Mutlak sehingga keberadaan biota tersebut akan tetap lestari. Hingga saat ini, berdasarkan data hasil monitoring aktifitas pemanfaatan sumberdaya perairan (Resources Use Monitoring) tahun 2015 dan 2016, dinyatakan bahwa persentase pelanggaran zonasi oleh pelaku penangkapan ikan menurun dari 19 % ke 15 %, hal ini menunjukkan bahwa keberadaan Balai KKPN Kupang dan Wilker TWP Gili Matra selaku pengelola kawasan cukup berhasil dalam melakukan pengelolaan kawasan yaitu salah satunya pengelolaan spesies dilindungi “Kima” di dalam kawasan, selain itu didukung dengan adanya sistem zonasi sejak ditetapkannya Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 57 tahun 2014 tentang Rencana Pengelolaan dan Zonasi Taman Wisata Perairan Gili Ayer, Meno Dan Trawangan di Provinsi NTB tahun 2014-2034.

Balai KKPN Kupang Wilayah Kerja TWP Gili Matra berkolaborasi dengan instansi terkait, memiliki peran penting dalam pengelolaan kawasan TWP Gili Matra, salah satunya adalah melindungi dan melestarikan kima, selain itu perlunya dukungan masyarakat baik di dalam maupun di luar kawasan untuk ikut serta dalam melindungi dan melestarikan kima yang merupakan spesies yang dilindungi.

-Hotmariyah-

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut   08 Maret 2017   Dilihat : 183



Artikel Terkait:
Website Security Test