Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT

Kilas Berita  
Matangkan Rencana Kemah Pemuda Pesisir Tiga Negara, BPSPL Pontianak Adakan pertemuan Pembentukan Panitia Fespa 2018

Sambas – Menindaklanjuti koordinasi yang telah dilakukan sebelumnya (baca :Koordinasi ke Bupati Sambas, BPSPL Pontianak Matangkan Rencana Kemah Pemuda Pesisir Tiga Negara). Senin (23/7) BPSPL Pontianak mengadakan pertemuan dalam rangka pembentukan panitia festival pesisir paloh (Fespa) 2018 dengan pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sambas, Camat Paloh, Kepala Desa Temajuk, perwakilan SKPD di Kabupaten Sambas, serta WWF Indonesia Kalimantan Barat, yang bertempat di Aula kantor Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas.

 

Pada kesempatan tersebut Kepala Seksi Pendayagunaan dan Pelestarian BPSPL Pontianak, Sy. Iwan Taruna Alkadrie memaparkan rencana pelaksanaan kegiatan Kemah Pemuda Pesisir 3 Negara dengan menampilkan video pelaksanaan kegiatan Festival Pesisir Paloh dari tahun ke tahun, kegiatan perkemahan pramuka yang pernah dilaksanakan sebagai bagian dari Festival Pesisir Paloh tahun 2017, dan juga rencana pelaksanaan kegiatan Kemah Pemuda Pesisir 3 Negara yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 ini.

Disampaikan juga oleh Sy. Iwan Taruna Alkadrie bahwa kegiatan Kemah Pemuda Pesisir 3 Negara dan Festival Pesisir Paloh ini merupakan Pre-Event dari pelaksanaan Kegiatan Our Ocean Converence (OOC) yang akan dilaksanakan di Bali pada tanggal 29-30 Oktober 2018.

 

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat, Suryadi menyampaikan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan pengakap Malaysia dan Brunei Darussalam dengan hasil bahwa kedua negara tersebut menyatakan kesiapannya untuk mengikuti kegiatan Kemah Pemuda Pesisir tersebut

 

Adapun bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Kemah Pemuda Pesisir 3 Negara ini diantaranya adalah: Perkemahan 4 hari 3 malam, Dialog pemuda 3 negara bersama menteri kelautan dan perikanan republik indonesia, Dialog konsep pengelolaan konservasi penyu 3 negara, Sosialisasi kebijakan konservasi sumber daya ikan khususnya penyu dan habitatnya, Sosialisasi dampak sampah plastik terhadap lingkungan pesisir, Atraksi budaya 3 negara, Pengamatan aktivitas penyu bertelur, Pelepasan tukik,Bersih pantai,Penanaman mangrove, Lomba kerajinan dari sampah plastik, Serta kegiatan lain dalam rangkaian kegiatan festival pesisir paloh.

 

Dan dari hasil pertemuan tersebut disepakati untuk tema kegiatan Festival Pesisir Paloh 2018 ini adalah: “Lestarikan Penyu, Menjaga Laut, Selamatkan Bumi”.  [apr – eh]

(Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Pontianak)

 

 

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut   30 Juli 2018   Dilihat : 119



Artikel Terkait:
Website Security Test