Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT

Kilas Berita  
HIU PAUS BOTUBARANI MULAI MUNCUL KEMBALI

Manado (6/5), Kehadiran Hiu Paus di Pantai Botubarani, Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo mulai menggairahkan kembali bagi masyarakat Botubarani.  Karena sudah cukup lama (sekitar 10 bulan), yaitu sejak Juli 2017 hingga 3 Mei 2018, pantai Botubarani sepi dari kunjungan Hiu Paus dan wisatawan. Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar, R. Andry Indryasworo Sukmoputro, kembali menghimbau kepada pengelola kawasan ekowisata Hiu Paus Botubarani via group WA, agar tetap bisa mengontrol wisatawan yang akan menikmati kehadiran Hiu Paus dan menjaga kenyamanan sesuai kaidah aturan yang berlaku.

BPSPL Makassar sejak tahun 2016, telah memulai melakukan pendampingan terhadap kelompok masyarakat yang mengelola kawasan ekowisata Hiu Paus di Botubarani, dengan melakukan monitoring terhadap jumlah individu Hiu Paus yang muncul, dicatat setiap harinya pada papan informasi dan melakukan identifikasi melalui pengumpulan photo ID.  Sehingga  data-data yang diperoleh bisa digunakan sebagai bahan evaluasi dan penentuan kebijakan ke depannya untuk mengelola wisata Hiu Paus yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Selain itu pula, dengan adanya pemasangan alat transmitter akustik sebanyak 9 unit ke individu Hiu Paus, akan menghasilkan data pola tingkah laku yang bisa diamati selama 24 jam ketika individu-individu Hiu Paus tersebut berada di sekitar pantai Botubarani. Berdasarkan data dari penerima sinyal akustik yang dipasang pada kedalaman 20 meter, bahwa individu-individu yang telah dipasang alat transmitter akustik paling lama berada di perairan Botubarani sekitar 10 hari.  Selanjutnya, individu-individu lainnya akan silih berganti berdatangan. Ada 21 ekor data photo ID yang telah terkumpul sejak tahun 2016 hingga Nopember 2017 yang ada di BPSPL Makassar.  Dengan kehadiran individu-individu baru datang di Botubarani ini, sudah bisa dipastikan ada penambahan lagi jumlah individu sebanyak 2 ekor pada awal Mei 2018 ini.

 

Tim Humas BPSPL Makassar (KH)Balai Pengelolaan Sumberdya Pesisir dan Laut Makassar 

 

 

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut   08 Mei 2018   Dilihat : 166



Artikel Terkait:
Website Security Test