Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT

Kilas Berita  
ADAKAN RAPAT PERSIAPAN, BPSPL PONTIANAK MATANGKAN RENCANA KEGIATAN MONTIRONG KIMA DI PULAU LEMUKUTAN

Pontianak – Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Monitoring Kima di Pulau Lemukutan, Kab. Bengkayang. Senin (30/4), BPSPL Pontianak melaksanakan rapat persiapan kegiatan tersebut di ruang rapat BPSPL Pontianak yang dihadiri oleh seluruh pegawai BPSPL Pontianak.

Pada rapat tersebut, Kepala Seksi Pendayagunaan dan Pelestarian, Sy Iwan T Alkadrie menyampaikan pentingnya rapat ini dilaksanakan untuk mengevalusai persiapan yang telah direncanakan terkait pelaksanaan monitoring Kima di Pulau Lemukutan yang dilaksanakan dari tanggal 2 Mei – 7 Mei 2018  serta memastikan semua kendala dapat diminimalisir sehingga tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai. 

Adapun rincian kegiatan monitoring yang akan dilaksanakan, yaitu : Melakukan pencatatan dan penghitungan jumlah kima menggunakan metode transek line di Taman Kima. Serta melaksanakan penyadartahuan melalui sosialisasi ke masyarakat, home stay dan penginapan yang ada  di Pulau Lemukutan terkait perlindungan kima sesuai PP No 7 tahun 1999. 

 Taman Kima di Pulau Lemukutan sendiri merupakan salah satu destinisasi ekowisata di Kalimantan Barat yang diinisiasi oleh BPSPL Pontianak pada tahun 2016 bekerjasama dengan kelompok masyarakat setempat yang kemudian pengelolaannya diserahkan kepada kelompok pemeliharaan dan pengawasan kima serta biota laut lainya yang ada di Pulau Lemukutan.

“Oleh karena itu perlu dilakukan monitoring untuk melihat kondisi terkini dari taman kima Pulau Lemukutan, sebagai evaluasi untuk pengembangan taman kima kedepannya”. Tambah Iwan. [Apri]

(Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Pontianak)

 

 

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut   03 Mei 2018   Dilihat : 180



Artikel Terkait:
Website Security Test