Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Maratua, Surganya Para Penyelam

Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat indah dan beragam. Salah satunya adalah Pulau Maratua, pulau terluar yang sangat cantik di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

  

Pulau Maratua termasuk pulau-pulau kecil terluar (outermost island) yang berbatasan dengan Malaysia. Pulau-pulau kecil terluar adalah kawasan strategis nasional tertentu (KSNT) yang hanya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pertahanan dan keamanan, pelestarian lingkungan, dan/atau kesejahteraan masyarakat.

 

Bagaimana kita bisa sampai ke Pulau Maratua? Saat ini Pulau Maratua telah memiliki bandara yang dapat didarati pesawat kecil hingga sedang dengan panjang landasan mencapai 1.600 meter. Rute pesawat dari Jakarta dapat melalui Balikpapan – Berau – Maratua. Atau kita dapat menggunakan speedboat regular atau sewa dari Dermaga Sanggam di Kota Tanjung Redeb, Kab. Berau dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan. Akan tetapi, perjalanan selama tiga jam tersebut tidak akan membuat bosan karena pemandangan alamnya sangat indah dan mempesona.

 

Di Maratua, kita bisa menikmati indahnya laut yang jernih, pantai berpasir putih yang indah, sunset, serta banyak pilihan resort dengan berbagai fasilitas termasuk kamar yang memiliki akses langsung dengan laut.

 

Pulau Maratua merupakan atoll yang memiliki teluk berupa lagoon yang cukup tenang dan dangkal di bagian dalam. Perairan Pulau Maratua memiliki keragaman dan keindahan terumbu karang yang masih baik kondisinya, sehingga bagus untuk menyelam/diving ataupun snorkeling. Jika menyelam disini, kita bisa melihat banyak sekali biota laut seperti penyu, ikan-ikan karang, ikan pari, barracuda, dll. Suasana disini cukup hening, tenang, cocok untuk wisatawan yang ingin menjauh dari hiruk pikuk kota.

 

Terumbu karang yang indah bertipe fringing reef, diselingi padang lamun jenis Halodule uninervis menambah pesona eloknya wisata air bawah laut Pulau Maratua. Keindahan alam bawah lautnya merupakan surga bagi para penyelam, tidak hanya dari Indonesia tetapi juga mancanegara.

 

Pulau Maratua saat ini terus berbenah untuk menjadi destinasi wisata bahari yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan dan kesejahteraan masyarakat lokal.

 

Guna menyejahterakan masyarakat di Pulau Maratua, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah melaksanakansejumlah  program seperti pembangunan dermaga apung dan penyediaan sarana prasana ekonomi produktif yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Pulau Maratua. (Humas PRL)

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut   01 September 2020   Dilihat : 959



Artikel Terkait: