Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
KKP Bahas Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim

Berita PRL, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (Dit. P4) melakukan pembahasan Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim (RAN-API) atau National Adaptation Plans (NAPs), pada Jum’at (08/05).

 

RAN API  merupakan dokumen yang akan menjadi acuan utama dalam merencanakan upaya adaptasi perubahan iklim yang tepat sasaran melalui penerapan kriteria adaptif. Dokumen ini disusun melalui proses ilmiah, inklusif dan iteratif dengan memperhatikan karekteristik sektor dan wilayah melalui kajian ilmiah yang diperkuat dengan pengalaman dan praktik di tingkat tapak dari berbagai pihak.

 

RAN-API memiliki rencana strategis nasional yang mencagkup 4 sektor prioritas untuk Adaptasi Perubahan Iklim yaitu Sektor Kelautan dan Pesisir, Air, Pertanian dan Kesehatan serta terdapat 4 (empat) klaster strategi adaptasi yaitu infrastruktur, teknologi, peningkatan kapasitas, dan tata kelola yang perlu dikembangkan pada masing-masing sector prioritas. Dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan ikut serta dalam strategi pelindungan sector kelautan dan pesisir.

 

Pembahasan RAN-API yang dilakukan secara telekonferensi dipimpin oleh Kasubdit Mitigasi Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim (MBAPI) Dit. P4K dan dihadiri oleh Tim RAN-API, Sekretariat LCDI, Pusrikel, Pusrikan, DJPB, Bagian Humas dan Kerjasama Sesditjen serta Narasumber Andi Abikusno dari Sekretariat RAN-API Bappenas.

 

RAN-API dimaksudkan sebagai dokumen implementasi dari RPJMN 2020-20244 pada Prioritas PN-6 dan Program Prioritas 2 yaitu Peningkatan Ketahanan Bencana dan Iklim. Dokumen ringkasan eksekutif RAN API dapat dikatakan masih merupakan draft zero dari kaji ulang RAN API. Hal tersebut terlihat dari matriks adaptasi yang ditawarkan masih sangat umum/belum spesifik adaptasi dan banyak kriteria serta intervensi yang tidak sesuai dengan definisi adaptasi itu sendiri.

 

RAN-API perlu  mempertimbangkan keberadaan pulau-pulau kecil sebagai bagian yang diperhitungkan sebagai kriteria dalam matriks adaptasi perubahan iklim. Sebagai referensi, KKP telah menyusun Small Islands Vulnerability Index (SIVI) yang di dalamnya memperhitungkan dampak perubahan iklim dan KKP selaku penanggung jawab isu kelautan akan melakukan diskusi internal untuk merumuskan matriks adaptasi dan sinkronisasi kegiatan yang akan dimasukan ke dalam dokumen serta penyebutan nomenklatur sektor. (Direktorat P4K)

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut   09 Mei 2020   Dilihat : 1431



Artikel Terkait: