Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Kondisi Ekosistem Terumbu Karang di Kawasan Konservasi SAP Raja Ampat

Dalam rangka pengumpulan data series kondisi ekosistem dan habitat kawasan konservasi perairan SAP Raja Ampat, Tim wilker Raja Ampat melaksanakan kegiatan survey kondisi ekosistem terumbu karang pada tanggal 22-23 April 2020. Pelaksanaan Survei Kondisi Ekosistem Terumbu Karang di Kawasan Konservasi SAP Raja Ampat dilakukan di dua lokasi, yaitu Sub Zona Pemanfaatan Tradisional: DPL Kampung Mutus dan Sub Zona Pemanfaatan Tradisional: DPL Kampung Meosmanggara DPL Kampung Mutus berada pada Zona Pemanfaatan, dan merupakan pulau gosong (reef).

Secara visual kondisi terumbu karang pada DPL Kampung Mutus terlihat kurang baik. Kondisi terumbu karang cukup banyak dijumpai patahan karang. Sedikit dijumpai karang hidup yang didominasi karang keras. DPL Kampung Meosmanggara berada pada Zona Pemanfaatan yang juga merupakan pulau gosong (reef). Secara visual kondisi terumbu karang terlihat baik. Terumbu karang sangat didominasi oleh karang keras dari Acropora branching dan Acropora tabulate.

 

Secara umum, DPL Kampung Meosmanggara dan DPL Kampung Mutus merupakan zona pemanfaatan tradisional yang rencana pemanfaatan wisata baharinya dikelola oleh masyarakat. DPL Kampung Meosmanggara memiliki kondisi terumbu karang yang lebih baik dibandingkan dengan DPL Kampung Mutus. DPL Kampung Meosmanggara dapat dipertimbangkan agar terintegrasi dengan rencana pengelolaan sekitar Pulau Yefnabi sebagai salah satu spot wisata bahari di dalam SAP Raja Ampat. Spot sekitar Pulau Yefnabi merupakan spot Manta, dan DPL Kampung Meosmanggara sebagai spot terumbu karang. Sedangkan DPL Kampung Mutus juga memiliki potensi strategis karena merupakan perlintasan transportasi menuju Pulau Yefnabi dan Wayag, sehingga dapat dipertimbangkan pengembangannya dimulai dengan dilakukan rehabilitasi karang. (BKKPN Kupang)

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut   29 April 2020   Dilihat : 873



Artikel Terkait: