Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
KKP Expose Hasil Monitoring Populasi Banggai Cardinal Fish

Berita PRL, Banggai Laut - KKP melalui BPSPL Makassar melakukan ekspose hasil monitoring populasi BCF di Banggai Laut, Sulteng (21/10). Pembukaan ekspose hasil survey T2 monitoring populasi Banggai Cardinal Fish dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perikanan Kab. Banggai Laut, Bapak Balsam Sarikaya, SE,MM. Pemerintah Kabupaten Banggai Laut melalui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan mengapresasi kegiatan monitoring populasi Banggai Cardinal Fish yang dilakukan oleh BPSPL Makasssar karena sangat bermanfaat untuk mengetahui kondisi terkini populasi BCF di perairan Kabupaten Banggai.

 

Kegiatan ekspose hasil survey T2 monitoring populasi Banggai Cardinal Fish ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi dan diskusi hasil monitoring (T0 sampai T2) dan berbagai hal lainnya terkait pengelolaan lestari BCF berserta habitat dan mikrohabitatnya dengan pemangku kepentingan dan kelompok masyarakat di Kabupaten Banggai Laut. Hasil ekspose ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang dapat dijadikan landasan pengambilan kebijakan oleh pemerintah daerah dalam menetapkan strategi pengelolaan, perlindungan dan pelestarian BCF yang ada di perairan Kabupaten Banggai Laut.

 

Ekspose hasil monitoring populasi Banggai Cardinal Fish ini diawali dengan pemaparan Data dan informasi perdagangan Ikan BCF di kabupaten Banggai Laut oleh Kadis Perikanan Kab. Banggai. Perdagangan Ikan BCF atau Capungan Banggai di Kabupaten Banggai Laut dengan hasil tangkapan di alam hampir sebagian besar diperdagangkan di Bali, Jakarta dan Kendari. Berdasarkan lalulintas perdagangan SKIPM Banggai Laut, jumlah produksi Ikan Capungan Banggai di Kabupaten Banggai Laut tahun 2016 s/d Juli 2019 cenderung menurun dalam 4 tahun terakhir, yakni: (a) Tahun 2016 sebanyak: 45.820 ekor, (b) Tahun 2017 sebanyak: 59.650 ekor, (c) Tahun 2018 sebanyak: 16.150 ekor dan (d) Tahun 2019 sebanyak: 3.435 ekor (data per bulan Juni 2019).

 

Paparan kedua oleh Bapak Kris Handoko selaku perwakilan BPSPL Makassar yang memaparkan terkait rangkaian kegiatan survey T2 monitoring populasi Banggai Cardinal Fish yang dilaksanakan sejak tanggal 14-21 Oktober 2019, aspek hukum kebijakan pengelolaan BCF, arahan kebijakan pengelolaan BCF, Rencana Aksi Nasional (RAN) dan strategi rencana implementasi RAN BCF secara Nasional dan Pedoman Pedoman Rehabilitasi Banggai Cardinal Fish Kementerian Kelautan dan Perikanan.

 

Pemaparan terakhir disampaikan oleh Dr. Ir. H. Samliok Ndobe, M.Si tentang Hasil Survey T2 (2019) Banggai Cardinal Fish di delapan lokasi survey. Di stasiun Toropot, kelimpahan BCF relatif stabil seimbang sejak tahun 2017-2019. Berbeda dengan di stasiun Kombongan, kelimpahan BCF meningkat, di stasiun Minanga mengalami penurunan, di Tanjung Nggasuang mengalami penurunan drastis dan di Stasiun Mandel Kelimpahan BCF pada tingkat yang kritis. Sementara di tiga stasiun terakhir yakni di Mbuang-Mbuang Kelimpahan BCF meningkat dibanding 2017-2018, namun masih relatif rendah. Demikian pula di stasiun Melilis dan Toado, Kelimpahan BCF masih relatif tinggi namun menurun cukup tajam dibanding 2012 dan 2017-2018. (BPSPL Makassar)

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut   21 Oktober 2019   Dilihat : 832



Artikel Terkait: