Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Mengapa Harus Melakukan Konservasi Pantai?

Konservasi berasal dari bahasa Inggris “Conservation” yang berati pelestarian atau perlindungan.

 

Konservasi adalah upaya-upaya pelestarian lingkungan akan tetapi tetap memperhatikan manfaat ya ng bisa didapatkan pada saat itu dengan cara tetap mempertahankan keberadaan setiap komponen-konponen lingkungan untuk pemanfaatan di masa yang akan datang.

 

Sementara pantai itu sendiri adalah suatu wilayah perbatasan antara daratan dengan lautan, dengan batas pantai adalah daratan sepanjang tepian yang lebarnya proporsional dengan bentuk serta kondisi fisik pantai, minimal 100 meter dari titik pasang tertinggi ke arah darat.

 

Pantai terdiri dari 2 komponen utama yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotiknya adalah terdiri dari tumbuhan (flora) dan hewan (fauna) sementara komponen abiotiknya adalah gelombang, arus, angin, pasir, batuan, dll.

 

Timbul pertanyaan, mengapa harus melakukan konservasi pantai ?

 

Salah satu alasan penulis menghimbau dan mengajak untuk melakukan konservasi pantai mengingat betapa pentingnya peranan dan manfaat pantai itu sendiri. Adapun manfaat dari pantai adalah :

 

A. Manfaat Ekologi

Pantai sangat bermanfaat untuk mencegah pasang air laut hingga ke daratan. Potensi abrasi, erosi, banjir dan tsunami sangat rentan terjadi di wilayah pesisir namun dengan adanya komponen-komponen utama di pantai seperti tumbuhan (bakau/mangrove, lamun, dll), karang, dan pasir yang masih lestari sangat memungkinkan untuk meminimalisir bencana yang terjadi di wilayah pesisir.

 

 

B. Sebagai Habitat Flora Dan Fauna

Pantai sangat bermaanfaat untuk habitat flora dan fauna mengingat salah satu komponen pantai yaitu komponen biotik yang terdiri dari tumbuhan (bakau/mangrove, kelapa, dll) dan hewan (kepiting. cumi-cumi, ubur-ubur, dan hewan lainnya) yang hidup di daerah pantai.

 

C. Sebagai Tempat Rekreasi

Pantai merupakan salah satu lokasi yang indah dan juga menakjubkan sehingga menjadi salah satu tujuan utama dari para wisatawan baik lokal maupun mancanegera untuk berekreasi. Keindahan wisata alam pantai yang sangat menakjubkan, dengan adanya ombak, pasir, dan pepohonan.

 

D. Untuk Usaha Pengolahan Garam

Pantai juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuat tambak garam sebagai mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Mengingat manfaat tersebut diatas maka dipandang perlu untuk melakukan konservasi pantai agar tetap lestari dengan tetap melakukan pemanfaatan dengan menerapkan kaidah-kaidah konservasi. (AST/LPSPLSorong)

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut   01 September 2019   Dilihat : 1266



Artikel Terkait: