Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
Ditjen PRL Meriahkan Sail Nias 2019

Berita PRL, Nias Selatan – bertempat di Teluk Dalam, Nias Selatan, Rabu sampai Jumat (11-13/09) Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (BPSPL Padang, Subbagian Humas Setditjen PRL dan Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (Dit. P4K)) memeriahkan Sail Nias 2019 dengan berpartisipasi dalam Wonderful Nias Expo 2019 dan Gerakan Bersih Pantai dan Laut. Kegiatan bertujuan mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan Sail Nias 2019, memberikan sosialisasi tentang pelestarian Penyu dan memberikan pendidikan dan penyadaran kepada masyarakat untuk mengurangi sampah plastik yang ada di darat dan yang masuk ke laut melalui Gerakan Bersih Pantai dan Laut.

Wonderful Nias Expo diikuti lebih kurang 47 partisipan yang terdiri dari beberapa Kementerian, BUMN, BUMD, Pemerintah Daerah (Pemda) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Booth Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terdiri dari booth DJPRL, DJPT, BRSDMKP, DJPB, BKIPM dan Ditjen PDSPKP yang dimulai dari tanggal 10 – 14 September 2019. Bekerjasama dengan Yayasan Penyu Indonesia (YPI), DJPRL mensosialisasikan pelestarian dan perlindungan Penyu dan bahaya sampah plastic dengan menggunakan sarana video, poster, banner, leaflet, stiker, model miniatur Penyu (Sisik, Hijau, Lekang dan Belimbing) dan Limbi (maskot penyu). Model Miniatur dan Limbi menjadi media yang paling menarik pengunjung khususnya anak – anak umur sekolah dasar.

 

Selama pameran, booth DJPRL setiap pukul 15.00 WIB mengadakan sesi pembelajaran dan games untuk anak – anak umur dengan hadiah berupa merchandise dari DJPRL dan YPI. Melalui sesi tersebut anak – anak sangat mencermati leaflet, brosur dan poster dan penjelasan yang disampaikan. Antusiasme peserta juga terlihat dari pengunjung umur dewasa. Pengunjung mengharapkan kedepannya DJPRL dan BPSPL Padang bisa melaksanakan sosialiasi tentang Perlindungan dan Pelestarian Penyu di Teluk Dalam – Nias Selatan langsung ke Masyarakat. Melalui kegiatan Wonderful Nias Expo 2019, KKP memeroleh penghargaan Juara 1 sebagai booth terbaik dari Kementerian Perdagangan.

Selain mengikuti Wonderful Nias Expo, Tim Humas DJPRl dan BPSPL Padang juga ikut serta dengan kegiatan Gerakan Bersih Pantai dan Laut yang dilaksanakan oleh Dit. P4K. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (12/09) di Pantai TPI Teluk Dalam Nias Selatan. Kegiatan ini diikuti lebih kurang 100 peserta yang terdiri dari anak sekolah, masyarakat setempat, pegawai instansi dan pegawai DJPRL. Dalam kegiatan ini berhasil dikumpulkan 321 kg sampah yang terdiri dari 226 kg sampah non organik dan 75 kg sampah organik. (BPSPL Padang)

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut   14 September 2019   Dilihat : 29



Artikel Terkait: