Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
MENGENAL PERBEDAAN SIRIP KERING PARI GERGAJI (Pristis spp) DENGAN PARI LONTAR (Rhychobatus Australiae)

Pari gergaji (Pristis spp) merupakan salah satu jenis ikan dilindungi secara penuh oleh perundang-undangan Republik Indonesia melalui Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999, yang kemudian lampirannya di revisi melalui Permen LHK Nomor P.20 Tahun 2018 Tentang Perlindungan Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi. Keberadaan pari gergaji di alam saat ini sudah sangat jarang ditemui sehingga upaya perlindungan terus dilakukan dengan terus mensosialisasikan status perlindungan pari gergaji kepada masyarakat.

 

Ikan Pari gergaji memiliki bentuk morfologi tubuh yang unik dengan adanya moncong yang panjang dan datar yang di penuhi gerigi (rostrum) yang membentuk seperti gergaji. Pari gergaji lebih populer di panggil sebagai “hiu gergaji” di kalangan masyarakat pada umumnya, karena penampakan tubuhnya yang lebih mirip dengan ikan hiu dengan adanya sirip punggung dan sirip ekor. Bentuk tubuh ikan pari gergaji tidak seperti ikan pari pada umumnya yang memiliki bentuk tubuh bulat dengan ekor kecil yang panjang, salah satu yang menjadi ciri bahwa pari gergaji merupakan golongan ikan pari yakni posisi lubang insang yang menghadap kebawah berbeda dengan ikan hiu yang memiliki lubang insang yang menghadap ke samping.

 

Sama seperti ikan pari gergaji, jenis ikan pari yang juga sering di sangka sebagai ikan hiu adalah ikan pari lontar (Rhynchobatus australiae), bentuk tubuh ikan pari lontar mirip dengan ikan pari gergaji, perbedaan paling menonjol yang dapat kita lihat adalah keberadaan moncong panjang bergerigi (rostrum) pada ikan pari gergaji. Kemiripan lain yang terdapat pada pari gergaji dan pari lontar terletak pada sirip punggung dan sirip ekor yang telah dikeringkan. Sekilas kedua sirip kering dari dua jenis pari tersebut mirip sehingga perlu ketelitian untuk bisa membedakan antara sirip kering pari lontar dan pari gergaji.

 

Membedakan sirip ikan pari gergaji dengan pari lontar cukup mudah apabila diperhatikan dengan lebih detail lagi seperti pada gambar dibawah ini.

 

sirip pari


Dari gambar diatas dapat kita lihat perbedaan antara sirip pari gergaji dan sirip pari lontar yang ditandai dengan lingkaran merah. Perbedaan pertama terletak pada sirip punggungnya dimana pada pari gergaji di bagian bawah dari sirip punggungnya terdapat bagian yang memanjang dan mengecil dan tidak menyatu dengan bagian punggung dari dari pari gergaji sementara pada pari lontar tidak ada. Perbedaan kedua terletak pada sirip ekor dimana pada sirip pari gergaji terdapat sedikit tonjolan tulang dibagian belakang dari sirip ekor pari gergaji sementara pada pari lontar tidak ada bagian tersebut. Perbedaan lainnya juga biasanya pada sirip kering pari gergaji kadang ditemukan seperti ada bercak minyak dibeberapa titik dari sirip pari gergaji. Perbedaan-perbedaan pada kedua jenis sirip ikan pari tersebut perlu kita ketahui agar pencegahan terhadap peredaran maupun perdagangan secara ilegal sirip pari gergaji dapat dilakukan bersama-sama. 

Sumber Artikel : LPSPL Sorong

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut   28 Agustus 2019   Dilihat : 1617



Artikel Terkait: