Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT
Kilas Berita  
KKP Jalin Kolaborasi dalam Pembentukkan Kegiatan ”Baku Bantu Bersihkan Labuan Bajo”

KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN RUANG LAUT

Gedung Mina Bahari III Lt. 11 Jl. Medan Merdeka Timur No. 16 Jakarta Pusat

SIARAN PERS

 

 

 

Nomor : SP.  1740/PRL.0/VII/2019

 

KKP Jalin Kolaborasi dalam Pembentukkan Kegiatan ”Baku Bantu Bersihkan Labuan Bajo”

 

Labuan Bajo (19/7), Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Pengelolaan Ruang Laut berkolaborasi bersama PTTirtaInvestama (Danone Aqua) dan Pemerintah Daerah Manggarai Baratuntukmeresmikankegiatanberjudul “Baku Bantu Bersihkan Labuan Bajo”. KegiataninimerupakansebuahPublic-Private Partnership dalam rangka mendukungkomitmenPemerintah Indonesia mengurangi 70% sampahplastik yang masukkelaut pada tahun 2025.

            Staf Ahli Menteri Kelautandan Perikanan, BidangKemasyarakatandan HubunganAntar Lembaga, SusenoSukoyono dalam sambutannya menegaskan, “Pencemaran dari sampah plastik menjadi ancamana serius terutama di laut. Sampah yang masuk ke laut tidak hanya berasal dari daratan, namun juga berasal dari pelayaran di laut, pulau-pulau kecil, hingga yang terbawa arus”. Lebih dari 250juta km2 wilayah lautan terdampak pencemaran dan Indonesia saat ini menyumbang sampah plastik hingga 1.29 juta metrik ton/tahun ke lautan. Walaupun sampah yang didapati di laut bermacam-macam, namun sampah plastik yang berada di lautan saat ini mendominasi sebagai jenis yang paling banyak ditemukan. Pada 2050 diduga akan lebih banyak sampah dibandingkan ikan di laut”.

            Pada tahun 2017, KKP memberikan bantuan sebagai upaya untuk mengelola sampah dan mendukung perkembangan kota Labuan Bajo. Bantuan tersebut berupa mesin pencacah plastik, shelter bangunan dan sarana pendukungnya yang diberikan kepadaKelompok Koperasi Serba Usaha (KSU) Komodo. Pada tahun 2018 bantuan dilanjutkan dengan memberikan 1 unit kapal pengangkut sampah kepada kelompok Laskar Peduli Kebersihan Kota Labuan Bajo (LP2KL). ”Kedua bantuan tersebut masih beroperasi hingga saat ini telah berhasil mengumpulkan dan mengolah sampah plastik dan anorganik lainnya  dari Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), hotel, perumahan, dan dari hasil bersih pantai setiap minggunya, dalam bentuk cacahan dan press sampai dengan 30 ton serta kapalpengangkutsecararutinmembersihkansampah yang ada di perairanlaut dan mengangkatsampah yang terkumpul di sekitar Pantai Pede dan PulauBajo”, ujar Suseno.

            Upaya pengelolaan sampah di kota Labuan Bajo ditindaklanjuti dengan kerjasama KKP dengan Danone-Aqua yang dimulai pada bulan Juni 2018. Kerja sama ini sejalan dengan komitmen Danone-Aqua dalam Our Ocean Conference, Oktober 2018. Kerja sama tersebut berbentuk pelatihan dari anggota KSU Komodo serta kesediaan Danone-Aqua dalam mengembangkan KSU-Komodo menjadi Recycle Business Unit (RBU)  dan meningkatkancircular economy khususnyauntuk KSU Komodo dan masyarakat Labuan Bajo pada umumnya.Upayainidapatmeningkatkan program bisnissosialuntukmengumpulkan dan mendaurulangsampahplastik dan mendukungteknologiuntukmengumpukanlebihbanyaksampahplastikdaripesisir dan laut. Hal ini yang patutdidukung dan diapresiasi oleh Pemerintah.

Peresmian kegiatan ”Baku Bantu Bersihkan Labuan Bajo” ini dilaksanakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat pada 19 Juli 2019. Kegiatanperesmianiniterdiridaribeberaparangkaiandiantaraaksibersihpantai,kunjungankepusatdaurulang, penandatanganankomitmen, dan pelepasansekitar30 tonsampahdarihasilmesinpencacahbantuan KKP dan mesin press dari KLHK. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan kementerian dan lembaga terkait, perwakilan SKPD Kab. Manggarai Barat, masyarakat, perwakilan penggiat lingkungan dan kebersihan, pengusaha hotel dan resort, komunitas divers, media dan Direksi dari Danone-Aqua.

 

Jakarta,   Juli2019

SekretarisDirektoratJenderal

PengelolaanRuangLaut,

 

 

 

Ir. Agus Dermawan, M.Si

 

Narasumber:

Dr.SusenoSukoyono

StafAhli Menteri BidangKemasyarakatan dan Hubunganantar Lembaga

0811-1550-025

Informasi lebih lanjut:

Bagian Kerjasama, Humas dan Pelayanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut

Email : humasprl@gmail.com

Telp/fax: (021) 3513300 ext : 6117

 

 

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut   31 Juli 2019   Dilihat : 50



Artikel Terkait: