Simposium Penyu Regional tahun 2023

Jumat, 26 Mei 2023 | 00:00:00 WIB


Penyelenggaraan simposium penyu regional yang akan diselenggarakan pada tahun 2023 ini berupaya untuk mengintegrasikan data-data ilmiah yang tersebar secara lokal untuk dapat mengevaluasi progress status pengelolaan dan populasi penyu di kawasan segitiga terumbu selama 20 tahun terakhir serta meningkatkan efektivitas pengelolaan dan konservasi penyu skala nasional dengan panduan standar E-PANJI (Evaluasi Efektivitas Pengelolaan Jenis Ikan Dilindungi dan/atau Terancam Punah). Secara bersamaan juga akan diselenggarakan agenda khusus yang menjadi sorotan dalam kegiatan ini yaitu agenda sosialisasi RAN pengelolaan penyu oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, pembelajaran perjalanan pengelolaan konservasi penyu di Indonesia pada skala lokal dari masing-masing daerah maupun negara dan lokakarya dalam mengupayakan solusi-solusi dalam mereduksi ancaman terhadap populasi penyu terutama terkait dengan ancaman perikanan sampingan (bycatch). Secara regional, praktisi konservasi penyu, peneliti dan pemangku kepentingan di kawasan segitiga terumbu karang akan diundang untuk ikut serta memaparkan studi mereka dalam topik yang sama agar tercipta pertukaran pengetahuan serta memperluas wawasan kita tentang isu penyu regional maupun global yang akan bermanfaat dalam menyusun kerangka pengelolaan kemitraan regional nanti.

 

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Mengumpulkan hasil-hasil penelitian terbaru terkait sumber daya penyu dan pembelajaran upaya-upaya konservasinya di skala nasional dan regional Kawasan Segitiga Terumbu Karang / Coral Triangle.
  2. Memberikan rekomendasi bahan kebijakan pengelolaan terhadap jenis-jenis penyu yang perlu untuk dikelola secara nasional dan regional.
  3. Menjembatani sains dengan kebijakan dengan mempertemukan ilmuwan dan praktisi konservasi penyu dengan pemangku kebijakan nasional maupun regiona

 

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari/Tanggal : Rabu-Kamis, 14-15 Juni 2023

Waktu : 08.00 WIB - Selesai

Tempat : Secara Luring dan Daring Jakarta (tbc)

Sumber:

KKP WEB Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan Dan Ruang Laut

Logo Logo
Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut
Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Gedung Mina Bahari III Lt. 11, Jl. Medan Merdeka Timur No. 16 Jakarta Pusat DKI Jakarta email : humas.prl@kkp.go.id

Media Sosial

PENGUNJUNG

139742

© Copyright 2024, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI