Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI BESAR PENGUJIAN PENERAPAN PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN
DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Pasca Bencana Tsunami, Warga Carita Pandeglang Banten Tak Perlu Lagi Takut Makan Ikan

 

Dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan di Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah membuat Program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang diamanahkan kepada Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP). Program ini rutin digelar di setiap daerah yang dikomandoi Bupati daerah setempat. Gerakan ini dilakukan dengan sosialisasi manfaat makan ikan hingga memasak berbagai olahan ikan, dengan harapan semakin banyak masyarakat Indonesia mengkonsumsi ikan.

Kegiatan Gemarikan yang dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2019 di kantor Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang, merupakan momentum untuk mengkampanyekan gemar makan ikan sekaligus menepis keraguan masyarakat terkait konsumsi ikan pasca terjadinya bencana tsunami, mengingat setelah bencana tsunami melanda Kabupaten Pandeglang, masyarakat yang mengkonsumsi ikan diketahui menurun.

Dalam kegiatan tersebut hadir Direktur Jenderal PDSPKP Rifky Effendi Hardjianto dan Bupati Pandeglang Irna Narulita. Dalam sambutannya Dirjen PDSPKP mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Pandeglang khususnya Kecamatan Carita yang terdampak tsunami. Pada kesempatan yang sama beliau meghimbau kepada masyarakat jangan khawatir untuk menkonsumsi ikan, dengan makan ikan badan sehat otak cerdas.

Sementara itu, Bupati Irna Narulita dalam sambutannya mengajak masyarakat, untuk gemar memakan ikan karena ikan merupakan sumber protein yang tinggi dan mudah didapat. Dirinya berharap, dengan Safari Gemarikan ini diharapkan dapat memperkuat komitmen seluruh lapisan masyarakat terhadap pengembangan dan peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Pandeglang. Beliau berpesan terhadap masyarakat dan nelayan, supaya segera membangkitkan pengolahan dan pemasaran ikan meski situasi dibeberapa daerah yang terdampak tsunami belum 100 persen pulih.

Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP) ikut berpartisipasi untuk mendukung kegiatan tersebut, berupa penyebarluasan informasi hasil uji terap dan pengujian hasil perikanan melalui Mobil Alih Teknologi dan Informasi (ATI). Informasi yang diberikan dilakukan melalui tatap muka langsung dan melalui media informasi berupa leaflet, poster, banner, video serta buku-buku teknologi pengolahan hasil perikanan serta menampilkan produk-produk hasil inovasi BBP2HP.

Dalam mendukung kegiatan Gemarikan tim Mobil ATI BBP2HP melakukan demo dan praktek membuat olahan produk hasil perikanan yaitu stik ikan, pengunjung dapat melihat langsung pembuatan produk tersebut dan bagi yang ingin menmbah keterampilan, pengunjung juga diperbolehkan untuk ikut mempraktekan proses pembuatan stik ikan mulai dari persiapan bahan baku, pengadonan, pencetakan dan penggorengan. Tim juga memberikan icip-icip produk olahan kepada pengunjung secara gratis yaitu siomay ikan, kaki naga ikan dan keong mas ikan. Melalui informasi yang disampaikan, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjadikan ikan menjadi sumber protein di dalam menu keluarga dan dapat  mendorong tumbuhnya budaya makan ikan.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen PDSPKP dan Bupati Pandeglang berkesempatan berkunjung ke lokasi Bale Kusuka, disana beliau berdialog dengan para penyuluh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pandeglang, beliau berharap keberadaan Bale Kusuka dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai tempat berkumpulnya pelaku usaha kelautan dan perikanan untuk melakukan kegiatan.

Selain kedua kegiatan di atas tim Mobil ATI BBP2HP berpartisipasi dalam kegiatan temu bisnis penumbuhan usaha kelautan dan perikanan pasca bencana, kegiatan diprakarsai oleh Direktorat Usaha dan Investasi Dirjen PDSPKP, kegiatan diikuti oleh 60 orang peserta yang berasal dari UKM di Kecamatan Carita, tim Mobil ATI BBP2HP memperkenalkan produk-produk hasil inovasi dan media-media informasi berupa leaflet dan buku terkait teknologi pengolahan hasil perikanan. Selain itu tim Mobil ATI BBP2HP juga menjadi narasumber, materi yang disampaikan terkait inovasi-inovasi produk hasil perikanan yang dihasilkan BBP2HP serta bagaimana memperbaiki produk baik dari segi teknologi dan kemasan serta bagaimana pemasarannya sampai dapat diterima dengan baik oleh konsumen.

Admin   31 Januari 2019   Dilihat : 350



Artikel Terkait: