Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI BESAR PENGUJIAN PENERAPAN PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN
DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Tingkatkan Kompetensi Personel Laboratorium, BBP3KP Selenggarakan In House Training Food Alergen

 

Jakarta (30/04). Sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi personel Laboratorium Pengujian, BBP3KP selenggarakan In House Training dengan mengangkat tema terkait Food Alergen.

Kegiatan In-House training dibuka oleh Kepala BBP3KP, dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa "berdasarkan peraturan dari Badan POM No. 31 tahun 2018 menyebutkan di dalam pasal 49 bahwa keterangan tentang alergen wajib dicantumkan pada label pangan yang mengandung alergen. Pangan olahan yang diproduksi menggunakan sarana produksi yang sama dengan pangan olahan yang mengandung alergen wajib mencantumkan informasi tentang kandungan alergen.

Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan personel Laboratorium dapat memahami pengertian alergen dan proses alergi, memahami perbedaan intoleransi makanan dan alergi makanan, memahami regulasi terkait alergen makanan dan cara pengujian alergen makanan, dan memahami manajemen alergen makanan.

Salah satu sumber alergen pada pangan olahan adalah berasal dari ikan, krustase (udang, lobster, kepiting, tiram), moluska (kerang, bekicot, atau siput laut). Oleh karenanya penting bagi kita untuk memahami manajemen alergen makanan agar produk perikanan aman dikonsumsi. Dimana hal tersebut adalah salah satu upaya kita untuk meningkatkan angka konsumsi ikan.
Training dilaksanakan selama dua hari, selain pengetahuan tentang alergen makanan dan tatacara pencantuman label alergen, training jg membahas mengenai regulasi terkait alergen makanan dan cara pengujian alergen

Admin   29 April 2022   Dilihat : 188



Artikel Terkait: