Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI BESAR PENGUJIAN PENERAPAN PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN
DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Optimalisasi Sarana dan Prasarana Raiser Ikan Hias CIbinong BBP3KP - CV. Lucky Indo Aquatic Teken Kontrak Kerjasama

Jakarta (1/10). Industri ikan hias yang makin menggeliat belakang ini menjadi peluang bagi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk memfasilitasi bisnis ikan hias Indonesia. Hadirnya KKP melalui Pusat Pengembangan dan Pemasaran Ikan Hias (Raiser Ikan Hias) Cibinong, Bogor yang merupakan satu-satunya fasilitas pengembangan dan pemasaran ikan hias terbesar milik pemerintah ini diharapkan dapat berfungsi sebagai pusat pengembangan industri ikan hias, juga dapat meningkatkan kualitas, menjadi penyangga stok, sarana edukasi dan pusat informasi ikan hias Indonesia.


Sejalan dengan hal tersebut Raiser Ikan Hias Cibinong, Bogor yang ada dalam pengelolaan Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) telah melaksanakan kerjasama dengan stakeholder dalam rangka optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana Raiser Ikan Hias Cibinong dan peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Pada awal tahun 2021, BBP3KP bekerjasama dengan Jakarta Koi Center dalam pemanfaatan sarana dan prasarana Raiser 1 sebagai Pusat Koi dan Maskoki Nusantara (NNGC).


Tidak hanya sampai disitu BBP3KP juga terus menjalin komunikasi dan membangun kerjasama dengan berbagai pihak dalam mendukung upaya mendorong bangkitnya industri ikan hias Indonesia. Salah satunya adalah penandantanganan kerjasama antara BBP3KP dan CV. Lucky Indo Aquatic yang merupakan salah satu eksportir ikan hias di Indonesia (1/10). BBP3KP berterimakasih kepada CV. Lucky Indo Aquatic yang telah bersedia bekerjasama dengan pemerintah dalam memanfaatkan dan mengoptimalkan sarana dan prasarana di Raiser 4, serta berharap kerjasama ini dapat membantu para pelaku ikan hias lokal dalam meningkatkan pemasaran produk ikan hiasnya, hal tersebut disampaikan Kepala BBP3KP dalam kesempatan tersebut.


CV. Lucky Indo Aquatic selaku operator akan memfungsikan Raiser 4 untuk menampung berbagai jenis ikan hias dari para pelaku usaha ikan hias lokal dari berbagai daerah seperti Jabodetabek, Blitar, Pasuruan, Pontianak, Palembang, Pekanbaru dan Merauke untuk kebutuhan ekspor. Selain itu Raiser 4 juga akan difungsikan sebagai showroom dengan berbagai koleksi ikan hias salah satunya ikan Arwana Super Red. Pihaknya sangat senang dapat membangun kerjasama dengan BBP3KP dan CV. Lucky Indo Aquatic juga bersepakat melaksanakan kewajibannya dalam mendukung pemerintah dalam upaya peningkatan industri ikan hias Indonesia, ujar Lucky Direktur CV. Lucky Indo Aquatic.


Upaya BBP3KP dalam optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasanara di Raiser Ikan Hias Cibinong juga terus dilakukan. Raiser 2 dan Raiser 3 pada tahun 2022 akan dilakukan perbaikan dan revitalisasi bangunan, sehingga fungsi dari bangunan dan aset yang ada didalamnya dapat dimanfaatkan oleh stakeholder.

 

Admin   04 Oktober 2021   Dilihat : 168



Artikel Terkait: