Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI BESAR PENGUJIAN PENERAPAN PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN
DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Ajak Semua Pihak Terintegrasi, BBP3KP Gelar Webinar ”Quality Time with BBP3KP #11” untuk Bangun Pusat Bisnis Ikan Hias

 

Cibinong (20/4). Beberapa hari yang lalu BBP3KP suksea menggelar Webinar Quality Time With BBP3KP seri ke-11. Webinar kali ini mengusung tema Membangun Pusat Bisnis Ikan Hias Indonesia. Kegiatan dibuka oleh Kepala BBP3KP, Widya Rusyanto kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Sesditjen PDSPKP, Berny A. Subki dan dibuka secara resmi oleh Dirjen PDSPKP, Artati Widiarti.

Indonesia berada di peringkat ke-4 sebagai eksportir ikan hias dunia, setelah Jepang, Singapura dan Spanyol. Ada pun 5 negara tujuan ekspor ikan hias Indonesia adalah China, Amerika Serikat, Rusia, Kanada dan Singapura. Dalam keynote speech nya, Artati mengatakan bahwa dalam RJPMN Tahun 2020-2024 juga terdapat strategi pembangunan ikan hias seperti peningkatan produksi dan mutu, perdagangan dan promosi, konservasi spesies dan habitat ikan endemic, keterpaduan data dan informasi dan juga sosialisasi dan edukasi public. Diperlukan kolaborasi di semua pihak agar dunia ikan hias di Indonesia ingin menjadi nomor satu.

 

Dalam pengantar yang disampaikan oleh Kepala BBP3KP, revitalisasi Pusat Bisnis Ikan Hias terfokus menjadi 3 hal, diantaranya (1) pusat pemasaran ikan hias, (2) pusat promosi ikan hias, dan (3) pusat edukasi dan wisata ikan hias. Adapun para narasumber dalam webinar kali ini, yaitu Direktur Pemasaran, Ditjen PDSPKP, Mahmud menyampaikan materi terkait "Potensi dan Peluang Pemasaran Ikan Hias di Indonesia dan Dunia", Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. Bogor, Rohman terkait "Potensi dan Peluang Pemasaran Ikan Hias di Kab. Bogor", Koor. Pelayanan Pengembangan Usaha, Adi Wibowo terkait "Raiser Sebagai Pusat Bisnis Ikan Hias", dan Pengelola Pusat Koi dan Maskoki Nusantara, Sugiarto Budiono terkait "Mengangkat Koi dan Maskoki Indonesia Menembus Pasar Ekspor".

Total peserta yang mengikuti webinar kali ini yaitu sekitar 1033 peserta yang terbagi di ruang zoom dan live streaming via chane youtube BBP3KP.

Admin   22 April 2021   Dilihat : 200



Artikel Terkait: