Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI BESAR PENGUJIAN PENERAPAN PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN
DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Bangun UMKM yang Inovatif Mandiri dan Berdaya Saing, BBP3KP Selenggarakan Bimbingan Teknis Inkubasi Bisnis Inovasi Produk Kelautan dan Perikanan

Jakarta (24/6) – Dalam rangka membangun UMKM yang inovatif mandiri dan berdaya saing, Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) meenyelenggarakan Bimbingan Teknis Inkubasi Bisnis Inovasi Produk Kelautan dan Perikanan (Inbis Invapro KP) kepada tenant maupun UMKM Binaan terpilih 2020. Tenant dan UMKM Binaan tersebut terpilih setelah melalui serangkaian tahapan seleksi ketat.

Kepala Bidang Pelayanan Pengembangan Usaha Dr. Adi Wibowo, S.Pi, M.Si melaporkan bahwa pada tahap seleksi administrasi terdapat 82 UMKM mendaftar sebagai calon tenant dan hanya 59 UMKM (47 produk pangan dan 12 produk non pangan) yang memenuhi persyaratan. Pada tahap selanjutnya yaitu verifikasi lapangan, tim Inbis Invapro KP merekomendasikan 8 UMKM kategori pangan dan 1 UMKM non pangan (ikan hias) untuk ditetapkan sebagai tenant Inbis Invapro KP BBP3KP tahun 2020. Peserta yang tidak terpilih namun memenuhi kriteria untuk mendapatkan pembinaan secara intensif maka direkomendasikan sebagai UMKM Binaan BBP3KP 2020.

Bimbingan Teknis merupakan tahap awal para tenant/UMKM Binaan dalam mengikuti program dan memperoleh pembinaan, pendampingan maupun fasilitasi dari Tim Inbis Invapro KP yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi tenant/UMKM Binaan dalam mengelola usaha dan pemasarannya. Bimbingan Teknis ini rencananya akan dilaksanakan dalam 3 sesi pertemuan yaitu 24 Juni, 2 Juli, dan 9 Juli 2020 dengan materi yang menarik dan narasumber kompeten antara lain terkait inovasi teknologi pengolahan produk kelautan dan perikanan, kelayakan dasar pengolahan (GMP-SSOP), mutu dan sertifikasi produk, kewirausahaan dan manajemen usaha, teknik pengemasan dan pelabelan, promosi dan pemasaran serta akses permodalan.

Pada Rabu, 24 Juni 2020 BBP3KP telah melaksanakan Bimbingan Teknis Inkubasi Bisnis Inovasi Produk Kelautan dan Perikanan (Inbis Invapro KP) sesi pertama melalui video conference Zoom Meeting. Kegiatan dihadiri oleh 9 tenant dan 16 UMKM Binaan, Satker BBP3KP (Cibinong, Palabuhanratu, Mataram, Ambon), pendamping tenant dan UMKM Binaan dari 20 (dua puluh) Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten/Kota, dan tim Inbis Invapro KP 2020 dengan jumlah total sebanyak 90 (sembilan puluh) orang peserta.

 

Kegiatan dibuka oleh Kepala BBP3KP Ir. Widya Rusyanto, M.Si dan dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta baik yang terpilih sebagai tenant maupun UMKM Binaan. Widya juga berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat sesuai tujuan yang ingin dicapai khususnya terkait materi yang akan disampaikan sehingga program Inbis Invapro KP tahun ini dapat berjalan dengan baik walaupun ditengah pandemi covid-19. “Mudah-mudahan UMKM tetap bertahan dan Alhamdulillah mulai bulan ini pemerintah sudah ada program Bangga Buatan Indonesia (BBI) dimana yang akan diutamakan adalah produk-produk UMKM, semoga Bapak dan Ibu bisa kita masukkan dalam program BBI sebagai produk yang akan diangkat dan dipromosikan kepada masyarakat” ujar Widya mengakhiri sambutannya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber antara lain 1). Penerapan Inovasi Teknologi Pengolahan Produk Kelautan dan Perikanan oleh Kepala BBP3KP (Ir. Widya Rusyanto, M.Si); 2). Program Inkubasi Bisnis TA. 2020 oleh Kepala Seksi Sarana Pengembangan Usaha (Umar, S.Pi, M.Si); 3). Monitoring dan Pelaporan Tenant (Pengisian Form Monev Bulanan oleh Tim Inbis Invapro KP (Chairita, S.Pi, M.Si); dan dilanjutkan sesi tanya jawab dengan peserta.

  

 

HUMAS BBP3KP

Admin   25 Juni 2020   Dilihat : 2875



Artikel Terkait: