Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Kunjungi Kota Ternate, Komisi IV DPR RI Tinjau Koperasi Perikanan Santo Alfin Pratama

Jakarta (30/4). Pada kunjungan kerjanya di Ternate, Komisi IV DPR RI berkesempatan meninjau aktifitas koperasi Santo Alfin Pratama yang berada di Pelabuhan Perikanan Nusantara Kota Ternate Provinsi Maluku Utara (27/4). Wakil Ketua Komisi IV DPRRI BO Samuel Wattimena memimpin langsung kunjungan kali ini yang diikuti oleh empat orang anggota komisi bersama Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dirjen Perkebunan dan Sekretaris Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian. Saat tiba di lokasi, rombongan diterima langsung oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP yang di dampingi oleh Direktur Logistik Ditjen PDSPKP, Kepala BLU KKP, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara, Kepala PPN Ternate serta Ketua Koperasi beserta anggotanya.

Koperasi Santo Alfin Pratama merupakan salah satu binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan di Provinsi Maluku Utara  yang bergerak di bidang penangkapan, distribusi dan pemasaran hasil perikanan. Koperasi dengan jumlah anggota yang mencapai delapan puluh orang ini merupakan salah satu mitra dari  Perum Perikanan Indonesia (Perindo) dalam mengelola bisnis perikanan di Bacan. Hasil dari kerjasama ini, pada bulan November 2017  perum Perindo berhasil melakukan ekspor perdana produk cakalang beku sebanyak 25,68 ton ke Jepang.

Koperasi ini  juga telah mengoperasionalkan dan memanfaatkan semua bantuan yang diberikan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Bantuan dari Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan untuk koperasi ini antara lain fasilitasi pembentukan inkubator bisnis, pengelolaan Cold Storage, Ice Flake Machine kapasitas 10 ton dan kendaraan berpendingin.

Dalam agenda kunjungannya, Komisi IV melihat secara langsung proses produksi loin tuna dan produk olahan kelompok inkubator serta dilanjutkan dengan audiensi. Saat beraudiensi dengan Komisi IV, ketua koperasi, Hermanto menyampaikan profil koperasi serta kendala-kendala yang dihadapi diantaranya kekurangan sarana dan prasarana untuk mendukung produksi ikan di pulau Bacan yang saat ini sudah mencapai 1000 ton per bulan.

Diakhir kunjungannya, Komisi IV DPR RI menyatakan puas dan memberikan apresiasi  terhadap  kinerja yang ditunjukan Koperasi Koperasi Santo Alfin Pratama. Mereka juga berharap agar koperasi ini dapat menjadi percontohan bagi koperasi lainnya.

djpds1   27 April 2018   Dilihat : 415



Artikel Terkait:
Website Security Test