Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Sosialisasi dan Internalisasi Kebijakan Rencana Aksi RB Ditjen PDSPKP 2020-2024

Jakarta (13/3). Sekretariat Direktorat Jenderal PDSPKP selaku Koordinator Pelaksana Reformasi Birokrasi Unit Kerja Eselon I di lingkungan KKP terus berkomitmen melaksanakan dan meningkatkan capaian pelaksanaan program Reformasi Birokrasi di lingkungan Direktorat Jenderal PDSPKP. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi dan internalisasi Kebijakan Rencana Aksi RB Direktorat Jederal PDSPKP 2020-2024 pada hari Senin, tanggal 12 Oktober 2020 melalui video conference dengan menggunakan aplikasi Zoom.

 

Sosialisasi dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal PDSPKP, dihadiri oleh para Koordinator dan Subkordinator kelompok lingkup Sekretariat Direktorat PDSPKP dan Tim Reformasi Birokrasi Direktorat Jenderal PDSPKP. Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan bahwa  berdasarkan PermenPAN RB Nomor 25 Tahun 2020 terdapat hal-hal baru pada Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 antara lain adanya strategi yang lebih implementatif, lebih melibatkan banyak pihak (vertikal dan horizontal), serta program dan kegiatan didesain sampai ke Unit Kerja.

 

Sasaran Reformasi Birokrasi tahun 2020-2024 serta indikator atas masing-masing sasaran sebagaimana berikut:

  1. Birokrasi yang Bersih dan Akuntabel dengan indikator Indeks Perilaku Anti Korupsi, Nilai SAKIP dan Opini BPK.
  2. Birokrasi yang kapabel dengan indikator Indeks Kelembagaan, Indeks SPBE, Indeks Profesionalitas ASN.
  3. Pelayanan publik yang prima dengan indikator Public Service Indeks (kualitas, akses, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, Integritas).

 

Strategi pelaksanaan RB 2020-2024

  1. Nasional
  2. Makro: Tingkat pelaksanaan makro mencakup penetapan arah kebijakan reformasi birokrasi secara nasional serta monitoring dan evaluasi pencapaian progam-progam RB pada tingkat meso dan mikro; dan
  3. Meso: Tingkat pelaksanaan meso mencakup pelaksanaan Reformasi Birokrasi oleh instansi yang ditetapkan sebagai leading sector.
  4. Instasional
  5. Mikro: mencakup implementasi kebijakan/progam Reformasi Birokrasi pada masing-masing K/L/Pemda
  6. Quick Wins dalam kerangka strategi pelaksanaan Reformasi Birokrasi merupakan program percepatan dalam bentuk inisiatif kegiatan yang menggambarkan percepatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang oleh K/L/Pemda dengan berfokus pada hasil reform atau penyederhanaan birokrasi.

 

Faktor keberhasilan pelaksanaan RB

Untuk mencapai keberhasilan dalam pelaksanaan atau implementasi 8 (delapan) arah kebijakan Reformasi Birokrasi diperlukan faktor-faktor keberhasilan sebagaimana berikut:

  1. Komitmen Pimpinan;
  2. Share Vision;
  3. Self Improvement;
  4. Pelibatan masyarakat yang dilayani;
  5. Strategi komunikasi; dan
  6. Monitoring dan evaluasi perkembangan.

 

Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan dapat memberikan panduan dan keseragaman pemahaman dan tindakan bagi Unit Kerja di lingkungan Direktorat Jenderal PDSPKP dalam melaksanakan program reformasi birokrasi serta juga diharapkan untuk dapat meningkatkan indeks reformasi birokrasi, meningkatkan pencegahan korupsi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik serta meningkatkan jumlah Unit Kerja yang mendapatkan predikat WBK/WBBM di lingkungan Direktorat Jenderal PDSPKP.

 

 

 

 

 

djpds1   13 Oktober 2020   Dilihat : 280



Artikel Terkait: