Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Tegaskan Wilayah Kerja Bebas Dari Korupsi, Pegawai Direktorat Pengolahan dan Bina Mutu Tanda Tangani Piagam Pembangunan Zona Integritas

Jakarta (06/03). Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sebagai upaya pencegahan tindakan dan budaya korupsi di lingkungan kerja yang melaksanakan pelayanan publik. Pagi ini, Selasa (06/03) Direktorat Pengolahan dan Bina Mutu selaku unit kerja yang memberikan pelayanan penerbitan Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) melakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBM dan WBBM yang dihadiri Dirjen PDSPKP, Irjen KKP, Kepala Biro SDM Aparatur KKP, pelaku usaha pengolahan hasil perikanan, perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DKI Jakarta dan unit kerja lingkup Ditjen PDSPKP, serta seluruh pejabat dan staf Direktorat Pengolahan dan Bina Mutu.

Pencanangan berupa penandatanganan piagam Pembangunan Zona Integritas dilakukan Direktur Pengolahan dan Bina Mutu, Innes Rahmania disaksikan langsung Dirjen PDSPKP, Irjen KKP dan Kepala Biro SDM Aparatur KKP secara terbuka di Auditorium Tuna Gedung Mina Bahari IV lantai 15. Kemudian penandatangan dilakukan juga untuk seluruh pejabat dan staf Direktorat Pengolahan dan Bina Mutu sebagai bentuk komitmen bersama mewujudkan unit kerja menuju WBK dan WBBM.

Acara dibuka resmi Dirjen PDSPKP, Nilanto Perbowo dengan arahan supaya seluruh insan di unit kerja Ditjen PDSPKP berupaya semaksimal mungkin menjaga integritas, soliditas, kekompakan untuk bekerja dengan baik, cepat dan profesional, serta menggunakan kemampuan dan kompetensinya untuk menghasilkan output dan outcome pekerjaan sesuai tupoksi yang dibebankan masing-masing. Harapannya, Inspektorat Jenderal KKP selaku Aparat Pengawas Intern Pemerintah dan Unit Penggerak Integritas dapat memberikan dorongan dan dukungan pada Direktorat Pengolahan dan Bina Mutu secara berkelanjutan, melalui kegiatan evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya sehingga memenuhi persyaratan untuk ditetapkan sebagai Unit Kerja Berpredikat WBK dan WBBM.

Irjen KKP, Muhammad Yusuf berkesempatan juga menyampaikan arahan dan materi terkait membangun jiwa kepemimpinan yang berintegrasi. Menurut Yusuf, pegawai KKP mesti memiliki jiwa kepemimpinan (leadership) yang mampu mengarahkan (director), mengendalikan (control), acountability dan membimbing (assists) untuk memperoleh outcome agar dapat menjadi model/pola/standar dan berkelanjutan. Selalu mengingatkan bahwa perbuatan korupsi tidak mengenal kasta, jabatan dan pendidikan, sehingga perlu tindakan pencegahan dimulai dari membenahi pola pikir, etos kerja, nilai-nilai organisasi, budaya kerja dan budaya organisasi dalam institusi.

Selama 2 hari, seluruh pejabat dan staf Direktorat Pengolahan dan Bina Mutu diberikan pembekalan pengetahuan dan wawasan penegakan displin pegawai, penanganan pengaduan dan gratifikasi, budaya integritas, pengendalian sistem intern pemerintah, pelayanan prima, hingga penanganan benturan kepentingan.

djpds1   07 Maret 2018   Dilihat : 428



Artikel Terkait:
Website Security Test