Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Ditjen PDSPKP Ikuti Focus Group Discussion (FGD) Asesmen Organisasi Kementerian Kelautan dan Perikanan

Ditjen PDSPKP melalui Tim Sekretariat Ditjen PDSPKP mengikuti Focus Group Discussion Asesmen Organisasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada hari Kamis tanggal 10 Desember 2020 melalui video conference via aplikasi zoom cloud meeting yang dipimpin oleh Kepala Biro SDM Aparatur dan Organisasi, dengan narasumber Direktur Institut Pembangunan Jawa Barat, Universitas Padjajaran, serta dihadiri oleh perwakilan unit kerja Eselon I lingkup KKP.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membahas hasil isian kuesioner asesmen organisasi KKP dalam rangka evaluasi organisasi KKP.

Beberapa hal yang dilakukan assesmen terkait nomenklatur, kesesuaian struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) dengan peraturan, kesesuaian dan kejelasan tugas, fungsi dengan penanggung jawab,  ada tidaknya potensi tumpang tindih tugas dan fungsi baik antar unit organisasi di dalam KKP maupun instansi di luar KKP, kesuaian tugas dan fungsi dengan visi misi organisasi KKP.

Ditjen PDSPKP ditargetkan untuk pengisian kuesioner sebanyak 30 responden. Dari hasil pengisian kuesioner sementara lingkup Ditjen PDSPKP (sebanyak 17 responden) diperoleh kesimpulan bahwa 53% menyatakan perlu merubah nomenklatur, 76% menyatakan SOTK telah sesuai dengan peraturan, 88% menyatakan telah memiliki kejelasan dan kesesuaian tugas, fungsi, dan penanggung jawab, 53% menyatakan adanya tumpeng tindih dengan unit organisasi lain, serta 76% menyatakan kapasitas sudah sesuai untuk mendukung ketercapaian visi dan misi.

Assesmen organisasi dengan kuesioner ini selaras dengan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Kelembagaan Instansi Pemerintah dan merupakan penjabaran lebih detil yang bisa diintegrasikan ke dalam kuesioner yang terdapat dalam Peraturan Menteri PAN dan RB dimaksud.

 

  

 

djpds1   10 Desember 2020   Dilihat : 350



Artikel Terkait: