Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN DAYA SAING PRODUK KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Kampanye Gemarikan Iringi Kunjungan Kerja MKP ke Danau Toba

 

Toba Samosir (15/9). Lepas dari Sail Nias 2019, tim kampanye Gemarikan Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan  bergeser ke Kabupaten Toba Samosir untuk melaksanakan safari Gemarikan bebarengan dengan kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan ke Danau Toba Sumatera Utara pada Minggu (15/09/2019). Kampanye Gemarikan di Danau Toba kali ini diikuti sekitar 220 anak sekolah dasar beserta guru pendampingnya.

 

Terkait dengan konsumsi ikan, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian pada sambutannya  menyampaikan bahwa mengkonsumsi ikan  sudah menjadi budaya dan familiar bagi masyarat Sumatera Utara. "Ikan ini sangat familiar dalam adat Batak. Setiap acara adat dari sejak kelahiran sampai kematian selalu ada,” ungkap Darwin.

 

Pada kesempatan yang sama Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengingatkan begitu pentingnya  gizi  ikan untuk perkembangan otak.  “ Kandungan gizi pada ikan penting bagi otak kita dan berguna untuk membangun masa depan kita yg lebih baik,” terang Ibu Susi.

 

Kegiatan kampanye Gemarikan dilaksanakan meliputi pemberian materi edukasi tentang manfaat mengkonsumsi ikan yang disampaikan melalui fun education, kuis, lomba cerdas cermat, dan permainan. Terdapat pula pemberian  paket gemarikan kepada peserta kampanye Gemarikan yang berisi biskuit ikan, kaos gemarikan, buku tulis gemarikan. Materi promosi yang dibagikan berupa tumbler gemarikan, tas sekolah gemarikan, kotak makan gemarikan, kotak pensil ikan.

 

Bersamaan dengan kunjungan kerja MKP di Danau Toba, diserahkan bantuan dari kementerian kelautan dan perikanan untuk Provinsi Sumatera Utara. Bantuan dari Ditjen PDSPKP terdiri dari Ice Flake Machine sebanyak 3 unit dan kendaraan berpendingin R6 dengan total nilai sebesar Rp. 2,892 miliar dan diserahkan langsung oleh Dirjen PDSPK, Agus Suherman.

 

Selain Gemarikan, kunjungan kerja MKP juga di meriahkan dengan Klinik Mutu untuk  memberikan pemahaman kepada nelayan dan masyarakat pengolah hasil perikanan akan pentingnya menjaga mutu ikan hasil tangkapan dan produk makanan berbahan baku ikan. Hal lainnya juga mengenai tata cara pengolahan hasil perikanan melalui metode-metode yang higienis dan memenuhi standar pengolahan produk makanan untuk  meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap hasil olahan ikan masyarakat lokal.

 

 

 

 

djpds1   15 September 2019   Dilihat : 73



Artikel Terkait: