Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR TATELU
DIREKTORAT JENDERAL PERIKANAN BUDIDAYA
Kilas Berita  
Upaya mendongkrak produktivitas perbenihan ikan air tawar melalui Program Revitalisasi UPR di Provinsi Papua

Perikanan budidaya ikan nila mengalami perkembangan yang pesat dipicu oleh permintaan pasar yang cukup tinggi. Peningkatan tersebut juga didukung oleh berkembangnya teknologi budidaya ikan saat ini terutama terkait dengan intensifikasi usaha dan upaya-upaya pencegahan penyakit.  Kemampuan unit-unit pembenihan ikan nila masih beragam terutama disebabkan oleh masih terbatasnya ketersediaan induk unggul.  Hal ini berpengaruh dalam penyediaan benih ikan, baik kualitas, kuantitas maupun kontinyuitasnya.

Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu turut berperan dalam menyalurkan bantuan revitalisasi unit pembenihan di wilayah kerja, yaitu provinsi-provinsi yang ada di Pulau Sulawesi, Maluku, dan Papua. Provinsi yang mendapatkan alokasi bantuan revitalisasi ini adalah Provinsi Papua, tepatnya di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Bantuan yang diberikan berupa sarana dan prasarana unit pembenihan masing – masing sejumlah 1 paket untuk tiap kabupaten/kota. Lebih lanjut disebutkan  tujuan dari kegiatan revitalisasi Unit Pembenihan Rakyat (UPR) ini dilaksanakan dalam rangka pengembangan segmentasi usaha pembenihan ikan nila di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura – Provinsi Papua, agar masing-masing unit pembenihan dapat lebih fokus pada proses produksi dengan output yang lebih maksimal sehingga mampu mendorong pengelola unit pembenihan untuk menghasilkan benih dengan mutu yang baik dan jumlah yang memadai secara berkelanjutan.

Salah satu penerima bantuan Kelompok/ UPR di Kabupaten Jayapura yang telah menerima paket bantuan sarana prasaran budidaya berupa Unit Pembenihan Ikan yang direvitalisasi adalah Obobhu (Pembenihan Nila) Kampung Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua paket yang diterima sebanyak 1 paket, produksi yang dilakukan sejak bulan Oktober – Desember 2019 dengan jumlah produksi benih (ekor) totalnya hasil 65.000 ekor dan telah dilakukan pemasaran produk hasil perbenihan oleh Pokdakan Obobhu ke wilayah local di Kabupaten Jayapura.

Pengembangan unit pembenihan rakyat yang telah menerapkan Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) dipandang strategis untuk memproduksi benih ikan bermutu dalam jumlah yang memadai. Dengan adanya kegiatan Revitalisasi Unit Pembenihan Rakyata (UPR) diharapkan mampu memicu peningkatan kapasitas setiap unit pembenihan ikan,  sehingga dapat memenuhi kebutuhan benih di wilayahnya serta menjalin kemitraan yang lebih baik dan saling membutuhkan antar unit pembenihan.

BALAI PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR TATELU   28 Januari 2020   Dilihat : 472



Artikel Terkait: