Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR TATELU
DIREKTORAT JENDERAL PERIKANAN BUDIDAYA
Kilas Berita  
PENERAPAN TEKNOLOGI MINA PADI DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PROV. SULAWESI UTARA

Perikanan budidaya saat ini diketahui menjadi tumpuan penting dalam menopang pembangunan perikanan nasional seiring dengan fenomena meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap sumber pangan dan gizi yang aman bagi kesehatan.  Minapadi dapat meningkatkan produktivitas lahan sawah   karena   selain   tidak   mengurangi   hasil   padi, juga   dapat menghasilkan ikan/udang. Budidaya minapadi dilakukan masyarakat sejak lama walaupun masih menggunakan teknologi sangat sederhana hanya terbatas pada kegiatan tahapan pendederan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu yang merupakan salah satu unit pelaksana teknis lingkup Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya pada tahun 2019 melakukan kegiatan Bantuan Pemerintah Budidaya Ikan Sistem Minapadi sebanyak 60 paket. Paket bantuan minapadi ini disalurkan ke 2 provinsi yaitu Sulawesi Utara sebanyak 30 paket (untuk 30 Ha) dan Sulawesi Selatan sebanyak 30 paket (untuk 30 Ha). Lebih lanjut disebutkan  tujuan dari kegiatan bantuan pemerintah budidaya ikan sistem minapadi  tahun 2019 adalah untuk meningkatkan produksi ikan melalui budidaya ikan sistem minapadi, Mendorong peningkatan kapasitas kelembagaan penerima bantuan pemerintah; dan Mendorong peningkatan kemampuan usaha penerima bantuan.

 Salah satu penerima bantuan Pemerintah Budidaya Ikan Sistem Minapadi TA 2019. dari BPBAT Tatelu adalah Pokdakan Mina Ranombolai di kabupaten Minahasa Tenggara dengan jumlah paket yang diterima sebanyak 5 paket, Dimana dari hasil kegiatan minapadi juga tidak mengurangi produktifitas tanaman padi  Mina Ranombolai. Produktifitas padi saat dilakukan pemanenan terbuki meningkat, hal ini dikarenakan jumlah bulir pada tanaman padi menjadi semakin banyak dan padat buahnya. Sehingga walaupun lahan yang digunakan dikurangi 20% tetapi padi yang dihasilkan mengalami peningkatan. Berdasarkan informasi dari anggota pokdakan diketahui hasil panen Ikan Sistem Minapadi yang dilakukan pada bulan desember 2019 diperoleh sebanyak 6.500 sebelum Mina padi dan  bertambah sebanyak 7.800 kg sesudah Mina Padi, Telah terlihat dengan adanya penerapan teknologi  Minapadi ini dapat memberikan keuntungan berlebih berupa panen padi yang mumpuni dan hasil panen ikan yang melimpah dan sehat.

BALAI PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR TATELU   21 Januari 2020   Dilihat : 391



Artikel Terkait: