Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI BESAR RISET SOSIAL EKONOMI KELAUTAN DAN PERIKANAN
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Aspek Sosial Ekonomi untuk Tata Kelola Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Berkelanjutan

Pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan dilakukan dengan prinsip berkelanjutan yaitu menyeimbangkan kepentingan ekologi dan ekonomi untuk mewujudkan ketahanan pangan dan ketangguhan negeri. Pengelolaan sumberdaya perikanan harus bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat dengan tetap memperhatikan faktor kesimbangan lingkungan. Hal ini disampaikan Kepala Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, Rudi Alek Wahyudin, pada acara Seminar Online “Pengelolaan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Nelayan dan Pembudidaya Ikan”. Seminar online ini diselenggarakan oleh Program Magister Manajemen Sumber Daya Pantai, FPIK Universitas Diponegoro pada tanggal 26 Agustus 2021.


Pengelolaan perikanan yang berkelanjutan adalah menjaga keseimbangan dari seluruh aspek utama perikanan yaitu aspek biologi, aspek lingkungan, aspek ekonomi dan aspek sosial. Dari aspek biologi adalah bagaimana menjaga sumber daya ikan untuk berkelanjutan produktivitasnya. Aspek lingkungan adalah bagaimana meminimalkan dampak penangkapan ikan terhadap lingkungan dan SDI termasuk untuk spesies non-target dan spesies yang dilindungi. Aspek ekonomi adalah bagaimana menghasilkan keuntungan ekonomi yang optimal bagi pelaku usaha dan masyarakat serta menghasilkan penerimaan berkelanjutan bagi negara, aspek sosial adalah bagaimana memaksimalkan peluang kerja/mata pencaharian bagi nelayan dan masyarakat, memberdayakan perempuan serta menjaga harmoni antar stakeholder.


Prinsip pengelolaan sumberdaya perikanan berkelanjutan adalah pemenuhan kebutuhan penduduk saat ini dengan tidak mengorbankan kebutuhan penduduk dimasa mendatang, pemenuhan kebutuhan tidak melampaui daya dukung lingkungan (ekosistem) serta menyelaraskan antara kebutuhan manusia dan kemampuan pengelolaan dengan ketersediaan sumber daya.


Pengelolaan sumberdaya perikanan yang berkelanjutan memerlukan komitmen bersama dari semua elemen serta dukungan SDM yang handal, mempunyai prinsip serta peka dan tanggap memberikan solusi. Komitmen dan kolaborasi dari seluruh stakeholder serta ketersediaan SDM yang memiliki integritas, profesionalisme dan memiliki kepedulian menjadi kunci keberhasilan pengelolaan sumberdaya perikanan secara berkelanjutan.


Kontributor: Titin H

 

Admin BBRSEKP   28 Agustus 2021   Dilihat : 245



Artikel Terkait: