Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI BESAR RISET SOSIAL EKONOMI KELAUTAN DAN PERIKANAN
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Workshop Pengelolaan Data Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan dalam Mendukung Kegiatan Prioritas KKP

Pegawai BBRSEKP mengikuti Workshop Pengelolaan Data Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan dalam Mendukung Kegiatan Prioritas KKP, yang diselenggarakan oleh Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) KKP pada tanggal 19 Agustus 2021. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring dengan narasumber berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan peserta sejumlah 248 orang yang terdiri dari pegawai pada unit kerja BRSDMKP, statistisi lingkup KKP.


Workshop Pengelolaan Data ini dilakukan untuk melihat kembali struktur data yang ada di BRSDMKP, merefresh kembali para pengelola data lingkup KKP untuk mengingatkan peran dan kewajiban dengan penyajian dan metode baru agar data yg dihimpun dapat bermanfaat.


BRSDMKP memiliki dua jenis data yakni data riset dan data sumber daya manusia. Data merupakan pondasi dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan. Publikasi data riset dan sumber daya manusia diperlukan untuk membantu Pemerintah memahami perilaku aktor dalam perekonomian dan sektor lainnya yang terdisrupsi dengan adanya pandemi Covid-19. Melalui berbagai riset dan inovasi, Pemerintah dapat merumuskan kebijakan yang berbasis pada research based policy agar implementasinya lebih efektif


Peran data yang sangat penting ini menuntut para pengelola data lingkup KKP agar dapat menyajikan data yang sudah terverifikasi, tervalidasi dengan menarik dan mudah digunakan oleh para pengambil kebijakan.


Workshop ini menghadirkan narasumber Dr. Ali Said (Direktur APS), Lestyowati E. Widyasari, Yohannes Eki Apriliawan, Synthia Natalia Kristiani dari BPS.


Kontributor: Candra Istiana

 

Admin BBRSEKP   20 Agustus 2021   Dilihat : 101



Artikel Terkait: