Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI BESAR RISET SOSIAL EKONOMI KELAUTAN DAN PERIKANAN
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Berita Kerja Sama Riset

BBRSEKP GANDENG LAB. SESO IPB UNTUK MENYUSUN MODEL RESILIENSI POLA PEMANFAATAN SUMBER DAYA KP

 

 

SOSEK NEWS, BOGOR, 19 APRIL 2021 – Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan (BBRSEKP) melaksanakan kegiatan bersama dengan Laboratorium Social Ecological System of the Ocean (SESO), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (FPIK IPB) dalam rangka inisiasi kerja sama antara kedua belah pihak terkait kegiatan Riset Model Resiliensi Pola Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

 

Pembahasan inisiasi kerja sama dilakukan pada tanggal 19 April 2021 di Gedung EDTC, Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB. Pertemuan dihadiri oleh Luky Adrianto (Ketua Lab SESO), Suryo Kusumo (Peneliti Lab SESO), serta tim dari BBRSEKP yaitu Titin Hasanah (Sub Koordinator Kerja Sama dan Pelayanan Riset), Sonny Koeshendrajana (Dewan Pakar Bidang Pengelolaan SDKP), Achmad Zamroni (Ketua Kelompok Peneliti Dinamika Pengelolaan SDKP), Siti Hajar Suryawati (Ketua Tim Riset), Staf Kerja Sama, serta seluruh anggota tim riset Model Resiliensi Pola Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

 

Achmad Zamroni menyampaikan beberapa kegiatan riset yang sedang dilakukan pada tahun 2021, salah satunya kegiatan riset Model Resiliensi Pola Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan. Kemudian, Luky Adrianto dalam sambutannya memberikan gambaran kepada tim BBRSEKP mengenai kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan, di antaranya kajian penguatan ekonomi lokal dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dengan menjaga ekosistem pesisir dan laut. Luky juga menyampaikan dukungannya pada kegiatan riset Model Resiliensi Pola Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan terkait pendampingan analisis, pendampingan participatory system dynamics modelling, pelibatan mahasiswa, dan publikasi bersama.

 

Siti Hajar Suryawati menyampaikan bahwa tujuan kegiatan riset yang akan dilaksanakan adalah menghasilkan suatu desain pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan dengan pendekatan sistem sosial–ekologi. Desain pengelolaan ini mempertimbangkan kemampuan sumber daya untuk pulih kembali bersamaan dengan aspek sosial ekonomi dari masyarakat yang memanfaatkannya. Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil riset melalui pemanfaatan sumber daya dan fasilitas bersama.

 

Kerja sama dengan Lab SESO ini merupakan implementasi dari perjanjian kerja sama antara BBRSEKP dengan FPIK IPB yang telah ditandatangani pada tanggal 5 Agustus 2019, khususnya pada ruang lingkup kerja sama riset dan pengabdian masyarakat di bidang sosial ekonomi kelautan dan perikanan. Hal ini akan menguatkan fungsi kelembagaan dan kapasitas kedua lembaga yang terlibat.

 

Rencana aksi kegiatan bersama kedua belah pihak sejalan dengan ruang lingkup kerja sama BBRSEKP dengan FPIK IPB sebagai berikut:

 

Ruang Lingkup Perjanjian Kerja Sama BBRSEKP – FPIK IPB

Rencana Aksi Kegiatan

1. Riset dan pengabdian masyarakat di bidang sosial ekonomi kelautan dan perikanan.

1. Kolaborasi riset dengan Lab SESO terkait riset Model Resiliensi Pola Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

2. Pelatihan aplikasi Socio-Ecological App for Mental Model Elicitation (SESAMME).

 

2. Praktek kerja lapangan mahasiswa.

1. Pelibatan tiga orang mahasiswa FPIK IPB dalam pengambilan data riset Model Resiliensi Pola Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan untuk penelitian tugas akhir.

 

3. Bimbingan dan/atau pengujian tugas akhir mahasiswa (skripsi, tesis, dan disertasi)

1. Pelibatan peneliti BBRSEKP (Dr. Siti Hajar Suryawati, Dr. Achmad Zamroni, Dr. Yesi Dewita Sari) sebagai pembimbing tugas akhir mahasiswa.

 

4. Diseminasi hasil riset

1. Publikasi bersama hasil riset di jurnal internasional terindeks global.

 

5. Pemanfaatan sarana dan prasarana

1. Pemanfaatan ruang meeting kedua belah pihak untuk kegiatan kerja sama ini.

 

 

Kontributor: Titin H.

 

 

 

 

Edwin Yulia Setyawan   23 April 2021   Dilihat : 62



Artikel Terkait: